DI SAWARNA SEMUA ADA : CIANTIR (25-27 April 2014)

Sekarang ini
siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa
Sawarna yang terpadu dan punya “sejuta” lokasi untuk dikunjungi,
Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita
mistis….you named it they have it.
Menurut Pak Ade
(pemilik Homestay Widi tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk
jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus
pasir putih, spot sunset dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan
cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama
wilayah ini.
Pantai Ciantir


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Masih di pesisir bagian Barat dari desa Sawarna, setelah dari
Tanjung Layar, lanjur ke Pantai Ciantir. Letak pantai ini lebih dekat dengan
pemukiman, boleh dibilang ini adalah pesisir pantai terbesar dibanding pantai
lainnya. Bibir pantai dengan hamparan pasir putih yang luas banget, cocok
banget buat leyeh2 di pasirnya yang halus dan masih terbilang bersih.

Gapura Menuju Ciantir

Dari arah penginapan, untuk menuju ke Pantai Ciantir ini cukup
jalan kaki +/- 15 menit, ngelewatin Gapura, sedikit sawah trus masuk ke jalan
berpasir, ketemu warung-warung  sampe deh
di hamparan pasir putih Pantai Ciantir. 

Ombak Ciantir

Pantai dengan pasir putih yang luas ini bisa jadi lokasi yang pas
banget untuk gegoleran di pasir a.k.a sun
bathing
atau mau lari sana sini main sepak bola atau volley pantai. Secara lokasi,
pantai ini paling pas untuk semua aktivitas, selain yang tadi disebut, ombak di
pantai ini juga bagus untuk surfing trus
kondisi pantainya pun ga berkarang makanya
banyak bule dateng ke pantai ini. 

Surfing

Untuk sekedar berenang2, harus agak sedikit waspada di sini,
karena ombak yang besar dan ga ada nya karang pemecah ombak (kaya di Beureum
atau Tanjung Layar). Waktu kita di sana ada 5 anak muda yang hampir tenggelam
terserat ombak, untungnya ada 2 bule surfer
yang bisa ngangkat mereka ke daratan, hebat yah 5 orang tenggelam di tolong
oleh 2 orang bule dan ditonton oleh 1 kampung orang lokal.

Ombak Ciantir 2

Di pantai ini juga jadi salah satu tempat untuk nelayan melaut,
karena kita datengnya pagi, kita bisa liat beberapa nelayan baru pulang melaut.
Barisan kapal nelayan di pinggir pantai juga bisa jadi objek yang menarik buat
poto2 hehehe.

Perahu Nelayan
Pulang

Overall, Pantai Ciantir ini paling “pas”, deketnya pas
buat yang males jalan. Banyak warung, pas buat yang sering laper akut. Hamparan
pasirnya pas buat main2 pasir, olahraga atau sekedar males2an. Ombaknya pas
buat yang mau main surfing (katanya
sih levelnya cukup tinggi untuk yang surfing
disini). Buat motret juga pas dengan banyaknya objek, ga sekedar landscape tapi ada human interest-nya juga. Pas buat sunset-an juga karena masuk wilayah bagian Barat dari desa Sawarna.
Terakhir buat yang lagi galau juga pas kalo mau menyudahi kegalauannya dengan
cara diseret ombak.

Adventure is Out There

Masih ada 1 pantai lagi yang letaknya agak jauh yaitu Pantai Goa
Langir :). See u in next posting

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
4 Responses

Leave a Reply