DI SAWARNA SEMUA ADA : GOA LANGIR (25-27 April 2014)

Sekarang ini siapa yang ga tau
Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan
punya “sejuta” lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai,
sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis….you named it they have it.
Menurut Pak Ade (pemilik Homestay Widi
tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk jadi potensi wisata sejak
awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus pasir putih, spot sunset
dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang
dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.
Tebing Goa Langir


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tempat terakhir yang kita kunjungi di Sawarna, yaitu Goa Langir.
Untuk menuju ke lokasi ini, kita harus keluar dari wilayah pemukiman dan
penginapan. Lokasinya agak sedikit berpisah dari spot pantai yang lainnya. Karena sekalian pulang, jadinya kita naik
mobil +/- 10 menit ke arah Barat, di sebelah kiri nanti ada gapura
“Selamat Datang di Objek Wisata Goa Langir”. Ada biaya retribusinya
(gw ga tau berapa krn waktu itu sudah jadi 1 paket wisata kita, kayanya sekitar
5000,-)
Selepas gapura ini, kita masih harus menempuh perjalanan menembus
hutan yang ga terlalu lebat dan barisan bukit kapur. Ternyata di wilayah ini,
selain ada Goa Langir, banyak juga Goa2 lainnya. Sepanjang perjalanan kita bisa
liat mulut2 Goa dengan papan nama seadanya trus dijaga sama pemandu wisata
lokal dan penyewaan senter.
Beberapa Goa yang sempet kita lewatin adalah Goa Harta Karun (entah
ini bener nama aslinya atau cuma memanfaatkan rongga bukit untuk jadi lokasi
wisata abal2an) Yang kedua adalah Goa Seribu Candi, kalo ini memang sering di
bahas dan di jadikan salah satu objek tujuan wisata di Sawarna. Katanya di Goa
ini, stalagtit dan stalagmitnya berbentuk menyerupai candi2. 
Akses Masuk
Setelah melewati jembatan kecil, jalanan beraspal nya berakhir
dengan parkiran mobil dan beberapa warung. Persis di belakang warung2 itu,
hamparan pasir putih luas banget menuju pantai. Buat bersih, pantai ini paling
bersih dibanding pantai2 yang lain. Karena lokasinya yang agak jauh mungkin
orang juga males kesini akhirnya. Belum lagi cerita2 mistis yang beredar,
kabarnya dulu shooting Jenglot Pantai Selatan itu di Goa Langir ini, dan cerita
dari salah satu teman yang pernah kesini, salah satu rombongan mereka ada yang
kesurupan. Waspada aja deh kalo di tempat2 begini, jangan ngomong jorok dan
yang penting pikiran jangan kosong.
Pantai Goa Langir
Tebing
Buat yang suka dengan pasir putih yang lembut, disini pas banget
deh. Tapi buat yang mau berenang, hati2 ya, sudah ditulis peringatan untuk
tidak berenang disini karena ombaknya besar banget. Mendekati pintu masuk Goa
Langir, kita akan berhadapan sama tebing hijau, disini pasnya buat orang2 yang
mau ke pantai tapi ogah panas2an (dirumah aja kali). Tebing yang ditumbuhi
tanaman2 ini bikin kita ngerasa ga lagi ada di pantai karena menghalangi sinar
matahari dan anginnya lebih sejuk disini.
Utamakan Keselamatan
Pantai Goa Langir 2
Dibalik pepohonan inilah pintu masuk menuju Goa Langir, dibanding
Goa Lalay, Seribu Candi atau Harta Karun, pintu masuk Goa Langir terkesan gagah
banget, besar dan menjulang tinggi. Dari pintu masuk ini aja kita bisa
ngerasain tetesan air yang jatuh dari tebing di atas. Ditambah udara yang adem,
suasana mistisnya berasa banget hehe. 
Pintu Masuk Goa Langir
Goa Langir
Karena keterbatasan  waktu
kita ga bisa masuk ke dalam Goa Langir, selain itu juga kita ga berniat untuk
nyewa pemandu untuk nganter kita ke dalam. Katanya sih Goa Langir ini Goa
kering, bukan Goa nasah seperti Lalay.
Adventure is Out There
Perjalanan ke Sawarna ditutup dengan sempurna banget di Goa Langir,
pantainya indah, sepi, super keren. Dari kejauhan kita juga bisa liat icon
Sawarna, Tanjung Layar. 
Pesisir
Sawarna, surga tersembunyi di Banten. Semoga bisa terus di jaga
oleh masyarakat setempat dan yang paling penting oleh pengunjung kaya kita,
biar tetap jadi Surga :).
About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
5 Responses

Leave a Reply