Dusun Bambu Lembang, Tempat Liburan Keluarga di Bandung

Bandung kayaknya harus mulai berpikir untuk mengganti plat nomornya jadi B deh, pas kan tuh B=Bandung. Weekend di Bandung itu sama aja kayak weekdays di Jakarta, macet di semua tempat, apalagi di Kotanya, selamet deh…!

Total perjalanan dari Jakarta ke Bandung itu hampir 5 jam, 2 jam tersendat dari Pasteur ke arah Lembang. Kalo mau ngerasain udara gunung, ya sudah hanya Lembang saja yang masih berasa hawa gunung dan hawa liburannya.

Jadilah kami melipir ke Dusun Bambu Lembang.

Saung Purbasari
Saung Purbasari

Lembang ini terkenal banget dengan cafe-cafe atau penginapan yang menawarkan udara sejuk pegunungan dengan pemandangan alam sekaligus kota Bandung, salah satunya Dusun Bambu, yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi—Lembang. Petunjuknya pun cukup mudah.

Gerbang utama
Gerbang utama

Saat berkunjung kesana, Dusun Bambu ini baru buka belum lama, bahkan penginapannya saat itu belum beroperasi. Setelah parkir, digerbang utama kita akan disambut dengan tugu yang terbut dari bambu. Untuk menjelajahi Dusun Bambu ini, pengelola sudah menyediakan mobil wisata.

Saya sendiri lebih prefer untuk jalan kaki. Jaraknya tak jauh, selain itu kita bisa melewati jembatan bambu di atas sawah, sehingga lebih seru. Pluuus setelah 5 jam duduk, give my “back” a break lah, bisa kempes kalo kelamaan duduk :P.

Saung Tepi Sawah
Saung Tepi Sawah
Area sawah
Area sawah

Nah, Dusun Bambu ini terbagi2 beberapa lokasi dengan nama masing2, kita bahas satu-satu yah

 

Kafe Burangrang

Namanya sesuai dengan nama Gunung yang bisa kita liat dari Kafe ini. Cukup seru kafenya dengan kaca-kaca besar jadi. Walaupun kita duduk di area dalam kafe, tetap bisa melihat pemandangan tanpa terhalang tembok (sayangnya kita dateng kepagian jadi ga bisa foto didalem :(, kafe ini baru buka jam 11).

Selain itu view dari balkonnya juga seru nih, sambil nikmatin angin gunung yang sejuk hehe. Uniknya kafe ini, kita juga bisa milih lokasi untuk kita makan, mau di Saung di pinggir danau atau nangkring di atas pohon ala2 Lutung hehe, pastinya harus reservasi dulu.

 

Saung Purbasari

Makan disini, kenyang perut, mata juga kenyang deh, viewnya indah euy. Ada 2 cara untuk kesini, bisa jalan kaki atau nyebrang pake sampan, fasilitas free dari kafe Burangrang, atau buat kita yang cuma mau keliling-keliling danau, biayanya sukarela, langsung dikasihkan ke Akang yang dayung sampannya.

Lucu-lucu ngeri sih naik sampan kayu ini, berhubung yang naik Mantep alias Makan Tempat semua, permukaan air ke sampan paling tinggal sisa sejengkal lagi, masuk 1 orang lagi tenggelem deh tuh sampan :0

 

Lutung Kasarung

Ini buat yang mau makan dengan tempat yang unik. Kalo diliat seklias, bangunan mirip telor raksasa ini kaya melayang diantara pohon2. Jadi kita kudu lewatin jembatan kayu untuk ke tempat ini.

Terbuat dari ranting-ranting pohon yang di anyam, dalemnya cukup nyaman buat ngobrol sore plus minum-minum cantik. Cukup keren sih, baru pertama nih liat konsep makan ala-alat Lutung, nangkring di pohon.

Lutung Kasarung
Lutung Kasarung

 

Pasar Tradisional

Namanya aja pasar tapi bangunannya sih lebih mirip swalayan, dengan kaca-kaca besar, didalem jualan macem2, mulai dari produk makanan sampe suvenir. Makanan tradisional kayak otak-otak, tahu gejrot, kerak telor juga ada, dibuat langsung begitu kita pesen.

Disamping Pasar ini ada tanah lapang luas, khusus menyediakan permainan2 ndeso,  kayak egrang, bakiak, becak2an, mo nyobain jadi ondel2 juga bisa.

Pasar tradisional
Pasar tradisional

 

Cottage dan Camping Ground

Khusus yang ini emang belum dibuka untuk umum, ratenya, kalo menurut salah satu staff yang kita tanya itu sekitar 1.4-3 Jtan. Menurut gw yang unik sih Camping Groundnya, karena hanya berdasarkan penjelasan lisan dari sih mas2 staff, gw sih bayang-in ini bangunan yang dibuat mirip bentuknya tenda.

Sudah disediakan sleeping bag oleh pengelola, bisa memuat sampai 6 orang (lumayan kalo 1.4 jt bisa buat ber 6) plus masing2 memiliki Kamar mandi sendiri, jadi buat yang mau PUP ga usah ngorek2 plus ditimbun pake tanah hehe.

Saung Purbasari
Saung Purbasari

Dengan area yang luas, konsep yang mateng (unik dan menarik), fasilitas cukup lengkap (mungkin kedepan akan ada banyak fasilitas baru karena luas lahan yang masih banyak belum digarap), Dusun Bambu bisa menjadi pilihan alternatif sebagai tempat liburan keluarga di Bandung

Buat cari suasana yang desa, udara sejuk, pas deh disini 🙂 dan tenang aja, walaupun namanya Dusun Bambu, pohon bambunya juga gak banyak koq, jadi ga usah takut, ini bukan sarangnya Kunti hehehe.

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.