El Royale Hotel, Kelapa Gading

Wilayah Kelapa Gading yang dulu hanya komplek perumahan kini sudah berkembang menjadi “kota mandiri” Mungkin sejak 10 tahun belakangan mulai didirikan fasilitas-fasilitas umum yang menunjang Kelapa Gading untuk bertransformasi menjadi “kota mandiri”. Salah satu fasilitas yang menjamur adalah berdirinya hotel dari budget hingga hotel berbintang. Dulu hanya ada 1 hotel bintag 4 di Kelapa Gading. Dulu pula, letak hotel ini menjadi primadona karena bersebelahan langsung dengan salah satu mall terbesar di Kelapa Gading. Tapi sekarang dengan adanya pembangunan Monorail, rasanya meringsek masuk ke “jantung” Kelapa Gading menjadi hal yang sangat menyita waktu. Untungnya, untuk urusan hotel berbintang 4 kini ada alternatif lainnya yang terletak di pintu masuk Kelapa Gading dan tentunya tetap dekat dengan mall serta kuliner. Adalah eL Royale Hotel Kelapa Gading, hotel berbintang 4 yang baru diresmikan sejak Desember 2017 lalu. Letaknya persis di sebelah RS Mitra Keluarga, hanya perlu jalan kaki untuk mencapai Lotte Mart. Tak sampai 5 menit menuju MOI atau Artha Gading.

eL Royale Hotel Kelapa Gading
eL Royale Hotel Kelapa Gading

Lobby

Yang saya suka dari hotel ini, letaknya yang agak menjorok ke dalam. Dari gerbang masuk, kendaraan masih harus melaju masuk sekitar 100 meter untuk tiba di bangunan hotel. Ini menjadi nilai plus sendiri karena ketenangan hotel bisa sangat terjaga, terhindar dari hingar bingar jalan raya. Di area lobby sendiri terdapat meja resepsionis memanjang di sisi kanan pintu masuk. Tak banyak furniture sehingga berkesan lapang. Pencahayaannya pun sangat baik dengan pantulan dari lantai marmer yang menimbulkan kesan mewah. Berseberangan dengan pintu masuk terdapat jajaran sofa untuk menunggu proses check-in, check-out, atau menunggu kendaraan menjemput.

Simple dan elegan
Simple dan elegan
Lobby yang lapang
Lobby yang lapang

Ruby Lounge

Lounge ini bisa dibilang surga bagi para perokok karena bebas merokok di ruangan ber AC. Lounge yang di dominasi hijau dan coklat ini menyediakan kudapan dan minuman, dari kopi, teh, juice, mocktail dan cocktail. Ruby Lounge buka dari pukul 10.00 pagi hingga 2 dini hari. Di sini bisa difungsikan untuk menerima tamu atau sekadar duduk bersantai menikmati alunan musik sambil menyesap signature drink eL Royale Hotel.

Ruby Lounge
Ruby Lounge
Area bebas rokok
Area bebas rokok

Sapphire Resto

Resto yang memiliki area indoor dan outdoor ini melayani makan pagi, siang dan malam. Khusus untuk akhir pekan, Sapphire Resto menggelar BBQ Night buffet dinner yang di mulai sejak pukul 19.00. Restoran ini memiliki kapasitas cukup besar hingga 200 orang dan memang saya merasakan sendiri betapa ramainya saat sarapan pagi di eL Royale.

Sapphire resto
Sapphire resto
Menampung hingga 200 orang
Menampung hingga 200 orang

Sarapan pagi di eL Royale memiliki menu yang cukup beragam walaupun lebih menitik beratkan pada menu-menu tradisional tapi spaghettinya cukup mencuri perhatian saya. Saus bolognaisenya pas dengan selera saya :p. Untuk menu tradisionalnya, ada lontong sayur dengan kuah segar menggoda. Menu sarapan lainnya seperti salad memiliki pilihan yang cukup lengkap dengan tambahan jamur plus olive vinaigrette. Pilihan pastrynya juga cukup banyak dari kue-kue lokal hingga eclair.

Menu ala carte lunch atau dinner yang menjadi rekomendasi di eL Royale Hotel adalah Soto Betawi dan Iga Bakarnya. Soto Betawi eL Royale seperti dilengkapi dengan cream/susu di kuahnya sehingga terasa lebih gurih dengan selentingan rasa manis tapi tak bikin eneg. Kalau untuk Iga Bakar, mungkin di rasa menjadi andalah hotel di manapun. Tapi di eL Royale, Iga Bakarnya tersaji dengan balutan sambal balado. Tak hanya manis tapi ada sedikit rasa pedas yang membuat segar. Bagi yang suka dengan western food, jangan lewatkan pasta dengan saus carbonaranya. Creamy dan sangat lezat…

Iga bakar
Iga bakar
Nasi goreng
Nasi goreng
Soto Betawi
Soto Betawi

Pool & Garden

Area ini menjadi favorit keluarga terutama anak-anak. Letak kolam renang yang bersebelahan dengan Sapphire Resto juga memudahkan para orang tua untuk mengawasi anaknya bermain dan berenang tanpa perlu berpanas-panasan. Kolamnya sendiri terbagi untuk anak dan dewasa. Kolam dewasanya sendiri memiliki area landai untuk sekedar mendinginkan kaki. Menjelang malam pun kolam ini baru mulai ditinggalkan tamu-tamu hotel setelah pukul 8 malam. Malam hari memang lebih menyenangkan berendam di tengah panasnya udara Kelapa Gading.

Area hijau menjadi area favorit saya karena sangat jarang hotel di tengah kota yang menyisakan lahan hijau cukup luas. Ada kolam ikan kecil, kid’s playground serta satu ring basket. Area taman ini sangat rindang, meskipun siang hari terasa teduh dan sejuk dengan hembusan angin.

Fitness & Spa

Ruang fitness terletak di area taman, jadi tamu hotel bisa berolahraga sambil menikmati lahan hijau di eL Royale Hotel. Meski tak besar tapi alatnya cukup lengkap dengan 2 treadmill, sepeda statis dan alat beban. Selesai berolahraga, tamu hotel bisa merelaksasi diri dengan fasilitas spa yang terletak tepat berseberangan dengan ruang fitness. Fasilitas ini sendiri dapat dinikmati di ruangan spa ataupun in room massage. Di dalam ruangan spa sendiri terdapat 3 kamar dengan 1 kamar untuk couple massage.

Ruang fitness
Ruang fitness
Ruang massage
Ruang massage

Room

El Royale Hotel memiliki 6 tipe kamar untuk tamu-tamunya. Secara garis besar, interior kamar lebih ke arah minimalis tanpa banyak ornamen. Pemilihan warna juga lebih banyak menggunakan coklat tua, putih, hitam dan emas yang menguatkan kesan elegannya.
Saya sendiri menempati kamar tipe premiere. Kamarnya sangat luas dengan ukuran mencapai 40 sqm. Di dalam kamar dilengkapi dengan sitting area dengan satu sofa one seater dan meja bundar. Day bed tepat di kaki kasur utama. Meja kerja yang nyaman dengan ukuran cukup luas berhadapan dengan jendela sehingga mendapatkan pencahayaan yang cukup baik. Untuk kamar mandinya dilengkapi dengan bath tub. Kejutan buat saya adalah saat mendapati 1 chocolate cake seukuran 15×15 cm, baru pertama kali ini saya mendapati welcome treat berupa kue utuh dan rasanya enak luar biasa.

Premiere room
Premiere room
Welcome treat
Welcome treat

Selain tipe kamar Premiere, el Royale Hotel juga memiliki tipe kamar Superior, Deluxe, Junior Suite berukuran 64 sqm2 dengan 2 kamar tidur, ruang duduk dan ruang makan beserta dapur. Executive suite 87 sqm2 dengan 3 kamar tidur, ruang duduk dan ruang makan serta dapur. Yang terakhir adalah Family suite dengan 3 kamar tidur serta ruang lainnya, namun untuk kamar utama dilengkapi pula dengan kamar mandi dalam.

Area kerja di semua tipe kamar
Area kerja di semua tipe kamar
Tipe superior
Tipe superior
Tipe deluxe
Tipe deluxe
Junior suite
Junior suite
Executive suite
Executive suite
Family suite
Family suite

eL Royale Hotel untuk saya adalah hotel berbintang 4 yang sangat baik, terlebih di tengah hiruk pikuk dan semrawutnya Kelapa Gading saat ini. Tak perlu bermacet-macetan lama ke “jantung” Kelapa Gading, letak eL Royale tak lebih dari 10 menit dari jalan utama Ahmad Yani (Bypass). Hotelnya dikelilingi dengan supermarket, dan 2 mall besar. Urusan perut, Boulevard Barat dengan kuliner di sepanjang jalannya hanya berjarak beberapa menit dari hotel. Secara fasilitas pun hotel ini sudah sangat lengkap sehingga tamu pun tak perlu keluar area hotel untuk menikmati kuliner, fasilitas dan hiburan. Terlebih ada area hijau di dalam hotel yang saya pastikan tidak dimiliki oleh hotel lainnya di area Kelapa Gading.

Breakfast on bed
Breakfast on bed

eL Royal Hotel Kelapa Gading
Jalan Bukit Gading Raya Kav. 1, Kelapa Gading-Jakarta Utara
021 4587 3355
Instagram : elroyalehoteljakarta

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
2 Responses

Leave a Reply