Ibis Budget Cikarang Festival, hotel budget rasa hotel bintang

Cikarang sudah kadung lekat dengan image kota industri, tak ada hiburan apalagi lokasi wisata. Namun karena kebutuhannya sebagai area industry, justru di Cikarang banyak bermunculan hotel-hotel untuk mengakomodasi kebutuhan para pebisnis. Di antara sekian banyaknya hotel, Ibis Budget Cikarang Festival justru berani tampil beda bukan hanya sebagai hotel bisnis tapi juga hotel untuk keluarga.

Ibis Budget Cikarang Festival dan Matador Waterpark
Ibis Budget Cikarang Festival dan Matador Waterpark

Jangan dulu memandang kecil dengan nama ‘budget’ yang disandang oleh Ibis Budget Cikarang Festival. Menurut saya, hotel yang masuk dalam jaringan Accor Hotel ini sangat jauh dari kesan budget.

LOBBY

Di area lobby Ibis Budget Cikarang Festival terdapat 3 sofa berwarna hijau, biru dan abu sebagai center point dengan bentuk melengkung. Meja resepsionis memanjang dengan ornamen kayu yang memenuhi hingga ke bagian langit. Saya suka dengan motif geometri pada dinding dekat langi-langit yang memberikan kesan 3 dimensi pada dindingnya. Area menyerupai lobby lounge ada di sebelah kanan resepsionis dengan sofa-sofa plus meja untuk menunggu proses check-in atau ketika harus menerima tamu saat menginap. Dan persis disebelahnya adalah 2 unit komputer yang bisa digunakan oleh tamu-tamu hotel untuk mengakses internet.

Internet corner
Internet corner

DINING AREA

Di bagian belakang area lobby adalah area makan yang digunakan untuk makan pagi. Ibis Budget Cikarang Festival memang tidak memiliki kitchen untuk melayani makan siang dan malam namun ada restoran Jepang bernama Yagami Ramen House tepat di muka Ibis Budget Cikarang Festival. Restoran ini menjual menu-menu Jepang mulai dari appetizer, main course hingga dessert. Untuk area makan Ibis Budget Cikarang Festival sendiri berukuran cukup luas. Meskipun tanpa kitchen, Ibis Budget Cikarang Festival menyediakan sarapan buffet yang cukup lengkap ragam menunya. Rasanya juga tak kalah dari hotel berbintang. Area makannya sendiri terbagi menjadi indoor dan outdoor untuk para perokok.

ROOM

Ibis Budget Cikarang Festival memiliki 3 tipe kamar untuk dipilih, Standar, Classic dan Superior. Saya sendiri menempati kamar tipe Superior. Yang cukup membuat saya terkejut adalah dari luas kamar serta interiornya. Luasnya sangat berbeda dengan hotel-hotel budget lainnya. Di kamar Superior terdapat 1 lemari untuk meletakan barang dan menggantung pakaian, king size bed yang sangat nyaman, 1 sofa 3 seater lengkap dengan meja untuk menonton TV, lalu ada mini bar dengan water kettle dan chiller plus ada area kerja yang sangat nyaman. Interiornya di tata dengan sangat apik bertema minimalis dan retro. Warna putih dan motif geometri biru membuat kamar menjadi tidak monoton. Furniturenya dipiliha dengan warna-warna kayu yang hangat. Lalu ada lukisan-lukisan minimalis yang menampilkan gambar banteng sebagai hiasan. Kamar mandinya pun tak seperti hotel budget umumnya yang menggunakan kapsul, di Ibis Budget Cikarang Festival punya kamar mandi yang sangat luas dan nyaman.

Area kerja di tiap kamar
Area kerja di tiap kamar

Untuk tipe kamar Standar dan Classic memiliki ukuran yang lebih kecil, bedanya di tipe Classic dilengkapi dengan daybed yang bisa juga digunakan sebagai extrabed untuk anak-anak.

Tipe Classic
Tipe Classic

MEETING ROOM

Hebatnya Ibis Budget Cikarang Festival punya 8 ruangan untuk meeting dengan kapasitas bisa mencapai 100 orang. Area meeting dipusatkan di lantai 3 sehingga punya ketenangan saat meeting dan tidak menganggu privasi tamu-tamu hotel.

MATADOR WATERPARK

Ini adalah keunggulan utama Ibis Budget Cikarang Festival dibanding hotel budget lainnya. Ibis Budget Cikarang Festival memiliki waterapark untuk arena bermain keluarga. Ada 1 kolam besar untuk dewasa dan 1 kolam anak-anak yang dilengkapi dengan water slide, pancuran dan tong air tumpah. Matador waterpark bahkan juga memiliki wahana flying fox untuk anak-anak dan semua fasilitas ini dapat dinikmati oleh penghuni Ibis Budget Cikarang Festival secara gratis. Akses menuju Matador waterpark persis dari samping area lobby dengan menggunakan tap card kunci hotel.

Fasilitas, tipe kamar dan penataannya yang membuat Ibis Budget Cikarang Festival jauh dari kata ‘budget’ padahal secara harga masih berada di kisaran harga yang terbilang murah. Bahkan saat ini sedang berlangsung promo bagi pemegang KTP Bekasi bisa mendapatkan harga kamar Standar hanya dengan 350.000 Nett sudah termasuk akses untuk menikmati Matador waterpark. Sangat pas untuk dijadikan alternative liburan keluarga bagi warga Cikarang, Bekasi, Karawang atau bahkan Jakarta karena tak perlu repot memikirkan lokasi wisata untuk anak-anak cukup beringsut ke sebelah hotel menuju Matador. Selesai bermain, langsung kembali ke hotel dan bisa segera beristirahat dengan nyaman. Para orang tua yang merasa lelah pun bisa menikmati jasa in room massage dari Ibis Budget Cikarang Festival.

In room massage
In room massage

IBIS BUDGET CIKARANG FESTIVAL
Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, Serang, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530
Telepon:(021) 29619090

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply