Aryaduta Semanggi, berkonsep apartemen di tengah Kota Jakarta

Pernahkah merasa akhir pekan hanya ingin leyeh-leyeh tapi terpikir “rugi juga kalau akhir pekan hanya mendekam di rumah”? Dengan kondisi seperti ini, paling cocok memang staycation di hotel dengan fasilitas yang super lengkap. Tak perlu jauh berkendara atau pergi ke luar kota, hanya selemparan batu saja karena masih berada di lingkungan Kota Jakarta. Jadi  leyeh-leyeh nya tetap di dapat, tapi bisa berganti suasana rumah dengan suasana hotel.

View dari kamar
View dari kamar

Pilihan saya akhirnya jatuh kepada Aryaduta Semanggi. Alasan utamanya adalah karena letaknya yang ada di tengah kota. Sebagai warga Bekasi, sesekali ingin juga merasakan malam mingguan di ibu kota kan?. Kedua, ukuran kamar di Aryaduta Semanggi terhitung besar-besar. Konsep kamarnya memang lebih menyerupai apartemen yang dilengkapi dengan area makan, dapur, ruang santai dan kamar tidur. Yang ketiga pastinya karena fasilitas yang dimiliki oleh Aryaduta Semanggi yang saya rasa pas untuk menghabiskan akhir pekan walaupun hanya di lingkungan hotel saja.

Lobby

Tetap dengan konsep apartemen, lobbynya dibuat lebih homey dengan banyaknya sofa-sofa besar. Dari pintu utama langsung menuju meja resepsionis. Untuk menuju ke hotel, tinggal mengambil lift yang berada di sayap kanan. Sementara di sayap kiri memang dikhususkan tower untuk apartemen.

Room

Saya menempati kamar dengan 2 kamar yang ternyata ukurannya sangat luas sekitar 125 meter persegi. Kamarnya dilengkapi dengan ruang makan dan dapur. Dapurnya juga memiliki kompor lengkap dengan alat masak dan alat makan. Jadi untuk keluarga sangat nyaman jika menginap di Aryaduta Semanggi, terlebih bagi keluarga yang masih memiliki balita. Untuk makan balita bisa langsung diolah dan dimasak di dalam kamar tanpa harus membawa makanan jadi dari rumah. Ruang santai/ruang tv berada tepat di tengah ruangan dengan alas karpet, sangat pas untuk berkumpul di ruang ini. Kamar mandi dan ruang belajar  juga menjadi pelengkap ruangan selain itu ada pula ruang cuci yang sudah dilengkapi dengan mesin cuci plus meja seterika. Untuk yang tinggal lama di Aryaduta Semanggi, tak perlu khawatir untuk urusan laundry karena semua bisa dilakukan sendiri tanpa perlu keluar biaya lagi. 2 kamar Aryaduta Semanggi terbagi menjadi kamar utama dan kamar anak. Di kamar utama juga dilengkapi dengan kamar mandi yang memiliki Bathtub.

Selain kamar ini, Aryaduta Semanggi memiliki kamar 1 kamar, 3 kamar yang semuanya berkonsep apartemen dan kamar penthouse dengan luas total 435 meter persegi. Kamar penthouse memiliki 2 lantai, di lantai 1 terdapat ruang makan, dapur, ruang tv, ruang belajar, 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi sementara di lantai 2 terdapat ruang santai dan 1 kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam.

Restaurant

Porta Venezia Resto terletak di lantai 2, dengan gaya Venezia. 2 patung berukuran besar menyambut di pintu masuk restoran lengkap dengan langit-langit berlukis ala-ala gereja tua di Italia. Resto ini melayani makan pagi, siang dan malam dengan area resto yang cukup luas. Untuk area merokok terdapat di balkon yang menghadap ke area kolam renang.

Makan pagi di sini memiliki ragam menu yang cukup variatif antara menu mancanegara dan lokal. Menu lokalnya berganti setiap hari seperti nasi kuning, nasi uduk, dan sebagainya yang dilengkapi dengan 2 sampai 3 macam lauk pelengkap. Saya suka dengan saladnya karena memiliki berbagai macam dressing yang bisa kita olah sendiri sesuai selera. Pastriesnya tersedia dengan cukup banyak jenis mulai dari croissant hingga pain au chocolate. Karena cukup banyak tamu asing di Aryaduta Semanggi, untuk menu makan pagi, selain buffet ada pula menu ala carte by request yang juga berganti setiap hari. Hebatnya, menu ala carte ini sudah termasuk dalam paket makan pagi sehingga tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Di hari pertama saya sempat mencicipi Pasta Rigatoni dengan cream sauce. Di hari kedua ada menu Prata dengan kari. Saya yang tidak terlalu suka dengan rasa kari yang terlalu ‘meriah’ ternyata bisa cocok dengan rasa kari di Porta Venezia yang tidak terlalu meledak-ledak.

Sarapan pagi buffet
Sarapan pagi buffet

Spa

Mungkin saya sedang beruntung karena ternyata Aryaduta Semanggi sedang mengadakan promo Spacation. Untuk tamu menginap 2 malam atau lebih bisa mendapatkan paket massage untuk 2 orang sekaligus secara gratis. Paket ini bisa dilakukan di tempat spa di lantai 5 atau bisa melakukan in room service. Saya pribadi lebih suka di tempat spa karena biasanya dilengkapi dengan alunan musik dan wewangian aromaterapi.

Ruangannya cukup nyaman dengan kamar mandi di masing-masing ruang sehingga bisa langsung berbilas setelah selesai. Ada 2 jenis ruangan, untuk single atau couple room. Terapi massagenya berlangsung selama 60 menit dengan terapis yang tak pelit berbagi informasi mengenai kesehatan.

Free untuk yang menginap 2 malam
Free untuk yang menginap 2 malam

Pool

Ini menjadi salah satu fasilitas favorit saya di Aryaduta Semanggi. Ukuran kolamnya luas dengan gaya tropis. Di sekitaran kolam ditumbuhi pepohonan hijau sehingga tak terkesan sedang berada di tengah ibu kota. Ada 3 kolam, 1 kolam besar, 1 kolam anak dan 1 kolam air hangat. Dengan cuaca mendung seperti sekarang, berendam di air hangat sangat nikmat.

2 hari staycation saya berlangsung ‘sukses’. Tanpa harus jauh dan bermacet-macetan, berlibur di Aryaduta Semanggi bisa berkumpul dengan teman-teman di kamarnya yang super luas. Beruntung pula saya mendapatkan paket massage gratis dan bisa merasakan suasana kolam yang asri lengkap dengan kolam air panasnya.

Aryaduta Semanggi
Jalan Garnisun Dalam No.8, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Telepon: (021) 2515151
Instagram : @aryadutasemanggi

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply