Aston Tropicana Cihampelas yang klasik dan elegan

Bandung sudah sering kali menjadi pilihan berlibur kala akhir pekan. Tapi tak pernah sekalipun saya memutuskan untuk bermalam di wilayah Cihampelas. Barisan mobil di jalan yang tak bisa dibilang luas itu kerap kali membuat saya pening. Padahal ada satu hotel keren yang berdiri tepat di Jalan Cihampelas. Yang ternyata, begitu menginjak lobby, hilang semua bising dan penatnya Cihampelas. Hanya beberapa langkah dari Ciwalk, Aston Tropicana menyajikan suasana klasik dan elegan di tengah hiruk pikuknya Cihampelas.

Lobby dari lantai 2
Lobby dari lantai 2

Lobby

Kesan klasik, mewah sekaligus homey ketika pertama kali masuk ke area lobby Aston Tropicana. Lampu Kristal gantung menjadi pusat dari lobbynya. Di bagian kiri terdapat meja resepsionis memanjang sementara di sebelah kanan terdapat souvenir shop, liquor store dan business center. Di depannya terdapat tangga yang langsung menuju ke restoran di lantai 2. Di area ini cukup banyak kursi untuk menunggu proses check in/out atau untuk menerima tamu. Penataan kursi di letakan di sudut-sudut sehingga lobby tetap lapang dan nyaman.

Tangga menuju resto
Tangga menuju resto

Coconut Lounge

Di sini lebih banyak menempatkan sofa-sofa untuk bersantai atau sekadar menikmati minuman dan makanan kecil dari Coconut Lounge. Saya pun sempat bekerja cukup lama di Coconut Lounge ketika AC di kamar sudah terlalu dingin dan butuh penyegaran suasana. Akses Wi-Fi sangat kencang dan mudah di akses sehingga sangat nyaman duduk dan menghabsikan waktu sambil bekerja di area ini. Ada lebih dari 25 tempat duduk di Coconut Lounge yang beroperasi hingga pukul 11 malam.

Area duduk
Area duduk
Coconut lounge
Coconut lounge

Lemongrass Resto

Terletak di lantai 2 yang dihubungkan langsung dari tangga utama di lobby, restoran ini melayani makan pagi, siang hingga malam yang beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 11 malam. Lemongrass resto bisa menampung hingga 150 tamu dengan ruang VIP untuk acara yang lebih private.

Area resto
Area resto

Untuk makan pagi, varian makanan yang disajikan sangat beragam mulai dari menu lokal, Western hingga Asian seperti sushi. Yang sangat saya suka adalah ragam menu lokalnya. Bahkan ada satu sudut lengkap dengan pikulan mamang wedang ronde. Terbayang hangatnya jahe di pagi hari, langsung menyegarkan. Untuk live cooking station, selain menyajikan egg station, ada pula waffle dan kebab. Selain itu yang menarik perhatian adalah ragam pastries dan kue-kuenya.

Breakfast
Breakfast

Untuk menu makan siang dan malam berupa ala carte, saya sangat merekemondasikan untuk memesan pizzanya. Lelehan kejunya luar biasa nikmat dengan taburan topping yang banyak. Selain itu ada nasi campur bali dengan porsi yang lumayan besar. Rempah-rempah Bali nya sangat terasa. Untuk minuman pun banyak minuman segar dengan tampilan yang cantik. Masalah harga? Jangan khawatir, untuk ukuran hotel berbintang 4, Aston Tropicana membandrol harga yang masih sangat masuk akal. Apalagi letaknya yang berada di Jalan Cihampelas, untuk siapapun yang terjebak macet dan bingung mencari makan, takut tidak dapat tempat, tinggal masuk ke komplek Aston Tropicana. Dijamin bisa makan enak dan nyaman tanpa harus berdesakan dan antri.

Room

Kamar Aston Tropicana sangat terjaga dan terawat interior maupun furniturenya. Lantainya yang dilapisi karpet masih terlihat bagus dan tidak berbau, karena biasanya, kamar berkarpet jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan bau apek. Aston Tropicana memiliki 5 tipe kamar, Premiere, Deluxe, Executive, Junior Suite dan Tropicana Suite. Keunggulan kamar di Aston Tropicana adalah ukuran kamar yang lumayan luas. Untuk tipe Premiere saja memiliki luas 32 meter persegi. Lebih luas dari kamar standar pada umumnya. Lalu kamar mandinya sudah dilengkapi dengan bath tub.

Kamar tipe executive
Kamar tipe executive
Terawat dengan baik
Terawat dengan baik

Saya menempati kamar Executive dengan luas 50 meter persegi. Di dalam kamar dilengkapi juga dengan working corner dan area duduk, sofa 2 seaters. Saya sangat suka dengan pencahayaan kuning hangat temaram di dalam kamar yang menimbulkan kesan hangat dan nyaman (termasuk pelor, nempel molor) karena kasur yang super nyaman ditambah suasana temaramnya :p

Pool dan fasilitas lainnya.

Pool Aston Tropicana terletak di lantai 6. Jadi suasananya sangat tenang meskipun Cihampelas lagi ramai-ramainya. Kolamnya terbagi menjadi kolam anak dan dewasa. Lantainya yang menggunakan kayu untuk menghindari licin sangat aman untuk anak-anak yang sering berlarian di tepi kolam. Di tepi kolam terdapat banyak kursi untuk berjemur lengkap dengan paying parasol jika dirasa terlalu terik. Untuk para orang tua yang mengawasi anak-anak bermain juga terdapat pool bar di sisi kolam anak. Di sini bisa dipesan minuman dan makanan ringan untuk menemani sambil menjaga anak-anak bermain.

Pool saat malam
Pool saat malam
Pool anak dan dewasa
Pool anak dan dewasa

Masih di lantai yang sama juga terdapat fitness center yang dikelola oleh management Ade Rai, jadi dipastikan alatnya lengkap dan ada personal trainer yang berjaga atau bahkan mendampingi. Untuk menutup hari, di sini juga tersedia Spa dengan berbagai treatment pilihan.

Aston Tropicana sepertinya sangat tepat bagi keluarga yang berlibur ke Bandung, tapi masih ingin berada di pusat kota. Apalagi bagi yang senang belanja dan kuliner. Sepanjang jalan Cihampelas berjajar took baju dan makanan, tinggal seberapa kuat kaki Anda menyusuri satu demi satu toko. Saat lelah, tinggal kembali ke Aston Tropicana, nikmati kamarnya yang super nyaman dan fasilitas yang lengkap.

Aston Tropicana
Jl. Cihampelas No.125 – 127, Cipaganti. Kota Bandung, Jawa Barat 40131
Phone: (022) 2030101
Instagram : @astontropicana

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply