Bandara International Hotel, Tangerang rasa Nusa Dua Bali

Siapapun yang sering bepergian melalui Bandara Soekarno Hatta pasti pernah memperhatikan atau setidaknya tahu ada sebuah hotel di tepi danau. Satu-satunya hotel berbintang 5 yang ada di kawasan Bandara dengan konsep resort. Memang termasuk pioneer hotel di kawasan Bandara. Hotel yang berganti nama menjadi Bandara International Hotel managed by Accor Group kini mulai menyasar keluarga untuk merasakan liburan dengan suasana Bali tanpa harus jauh-jauh terbang ke Pulau Dewata.

Lobby hotel
Lobby hotel

Bandara International Hotel memiliki shuttle bus yang berkeliling di kawasan terminal 1, 2 dan 3 untuk menjemput tamu-tamu yang akan menginap. Tentunya para tamu harus menginformasikan kedatangan mereka sebelumnya ke pihak hotel untuk meminta penjemputan. Jadi tak perlu repot jika memang mau weekend getaway di sini, cukup naik Railink Bandara, dilanjut dengan Sky Train hingga ke terminal yang sudah ditentukan untuk penjemputan.

LOBBY

Lobby yang lapang dengan tema klasik. Langit-langit lobby yang tinggi membuat kesan sejuk lebih terasa. Bukaan di ujung lobby yang mengarah langsung ke area kolam renang membantu pencahayaan saat siang hari dengan sangat baik tanpa perlu menyalakan lampu. Namun saat malam hari pencahayaan kuning dan hangat membuat lobby terlihat elegan.

Sofa-sofa untuk menunggu proses administrasi hotel di letakan hampir di ujung lobby dekat bukaan ke arah kolam renang. Jadi dari area duduk ini, tamu-tamu bisa melihat kolam renang dan taman hijau nuansa tropis plus danau.

Sofa dengan view pool
Sofa dengan view pool

MAXIS LOUNGE

Di sisi kiri lobby terdapat MAXIS Lounge yang menyajikan minuman dan makanan ringan untuk bersantai atau menerima tamu. Menjelang sore juga bisa menikmati afternoon tea di sini dengan view langsung ke arah kolam. Maxis Lounge berukuran cukup luas dengan area duduk yang terpisah-pisah sehingga tamu bisa mendapatkan privasi masing-masing meskipun berada di lounge. Di Area Bar, tamu hotel bisa langsung memesan minuman mulai dari teh, kopi, juice, mocktail, cocktail dan berbagai signature drink Bandara International Hotel.

Afternoon tea
Afternoon tea

BUMBU RESTAURANT

Untuk suasana yang lebih tenang, Bumbu Restaurant sangat pas untuk santap malam. Masih dengan interior bertema klasik, Resto yang didominasi dengan warna hijau dan unsur kayu ini menyajikan kuliner Asia seperti dari Indonesia, Chinesse bahkan Thailand. Bumbu Restaurant juga memiliki beberapa ruang VIP untuk acara keluarga kecil atau mungkin meeting kecil dengan kolega yang membutuhkan privasi lebih.

Saya sangat merekomendasikan Laksa Nyonya Bandara. Menu ini adalah andalah dari Bandara International Hotel. Tak salah memang, selain dari porsi yang besar, isiannya menggunakan udang, kerang dan otak-otak ikan. Lengkap dengan bihun, sayuran dan lontong. Untuk kuahnya disajikan terpisah sehingga bisa digunakan sesuai selera tamu. Yang pasti kuahnya sangat gurih dan creamy dengan aroma udang yang kencang namun tak amis.

Laksa Nyonya Bandara
Laksa Nyonya Bandara

Baca juga : Review Novotel Mangga Dua Square

LINJANI

Linjani terletak persis di bawah Bumbu Restaurant. Linjani difungsikan sebagai area sarapan, melayani makan siang dan malam juga, baik buffet ataupun ala carte. Untuk menu sarapan sangat beragam dengan menu lokal, asia dan western. Saya suka dengan barisan pastries yang begitu banyak pilihan. Salad bar buah dan sayuran lengkap dengan manisan buah salak, mangga dan papaya. Di salah satu sudut disediakan wedang ronde. Nikmat sekali apalagi ketika sarapan masih pagi ditepi kolam sambil menghangatkan diri dengan semangkuk wedang ronde.

Untuk makan siang dan malam ala carte, dijamin tidak akan kecewa dengan rasanya, apalagi porsi yang besar. Miso Salmon yang saya pesan memiliki potongan daging salmon yang besar dan tebal, dilengkapi dengan nasi yang dibaluri kuah miso kental. Segelas tropical mint yang segar cocok menemani bersantap. Ditutup dengan apple crumble plus es krim vanilla. Sebagai dessert, apple crumble ini adalah favorit saya dengan aroma kayumanis yang pas dan crumble yang masih renyah.

POOL & SAMBAL TAPAS BAR

Pool Bandara International Hotel dikelilingi taman tropis yang asri dan berbatasan dengan danau plus area jogging track. Poolnya sendiri ada 3 bagian, 1 kolam utama yang memiliki kedalaman 1.5 meter, pool anak dan pool satu lagi untuk dewasa yang sekedar ingin berendam sambil mengobrol. Di tepi kolam disediakan cukup banyak kursi untuk bersantai dan berjemur.

Sambal Tapas bar terletak persis di tepi kolam. Menyediakan beragam minuman segar dan khas Bandara International Hotel. Bar ini buka menjelang sore hingga malam hari. Tidak hanya bisa duduk di area kolam dan taman, tamu juga bisa naik ke atap Bar dan menikmati view 360 derajat ke arah pool dan danau. Rekomendasi saya adalah Bajigur Pinacolado, malam2 menikmati udara sejuk dan lampu-lampu plus alunan musik, Tangerang rasa Nusa Dua banget suasananya.

Di sepanjang tepi danau juga terdapat area jogging track yang rimbun dinaungi pepohonan, jadi pagi atau siang hari, kondisi di sini dipastikan selalu sejuk. Tracknya cukup panjang mengitari danau hingga berakhir di bangunan Spa Bandara.

Area jogging track
Area jogging track

SPA BANDARA

Dari bangunan utama hotel memang sedikit terpisah. Tamu hotel harus melintasi selasar berkelok yang diapit oleh taman. Beberapa bagian taman juga ditanami dengan tumbuhan seperti cabai, serai, jahe, bahkan anggur kalau saya tak salah lihat. Di dalam Spa Bandara terdapat ruang fitness yang cukup lengkap dan dibuka untuk umum juga. Selain itu tentunya ada pula ruang-ruang untuk fasilitas massage dan kecantikan lainnya. Bahkan ada salon juga di area yang sama.

Yang paling menarik adalah ruang Jacuzzi. Ruang antara wanita dan pria pastinya terpisah. Di masing-masing ruang terdapat 1 kolam air panas, 1 kolam air dingin dan standing shower. Yang membedakan antara ruang Jacuzzi nya adalah, untuk pria terdapat open space berupa taman di dalam dengan kursi-kursi untuk bersantai dan bebas merokok karena area terbuka. Sementara di ruang Jacuzzi wanita terdapat private pool lengkap dengan kursi-kursinya. Jadi para wanita bisa berenang dan berkumpul bersama teman-teman wanita di private pool

ROOM

Kamar di Bandara International Hotel terbagi di sayap kiri dan sayap kanan. Untuk menuju ke kamar tamu harus berjalan cukup jauh dan saya sangat menyarankan untuk diantar saat pertama kali check in. Saya yang sudah diantar saja, saat mau ke Linjani resto sempat tersasar di area hotel yang sangat luas. Meskipun harus berjalan cukup jauh, buat saya tetap menyenangkan karena di beberapa area kita bisa menikmati taman tropis lengkap dengan air mancurnya.

Saya menempati kamar Ambassador Suite dengan luas sekitar 108 meter persegi. Kamarnya sendiri terbagi menjadi 2 ruangan. Ruang pertama adalah area makan, area kerja, area TV / area tamu, toilet untuk tamu dan dapur.

Sementara di ruang satunya terdapat area tidur, area kerja, walking closet dan kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub, ruang toilet terpisah dan standing shower terpisah. Kelengkapan yang ada di kamar adalah tersedianya meja seterika dan seterikanya plus steamer untuk merapikan kemeja atau jas.

Rekomendasi untuk teman-teman ataupun yang ingin mengajak keluarga berlibur, coba saja stay di Bandara International Hotel. Tak perlu takut bosan di dalam hotel karena fasilitasnya yang banyak dan lengkap. Ditambah lagi dengan suasana hotel yang asri dan tenang. Benar-benar Tangerang rasa Nusa Dua kalau menginap di Bandara International Hotel

BANDARA INTERNATIONAL HOTEL
Soekarno Hatta Airport Complex
Jl Tol Prof Dr Ir Sedyatmo Km2
JAKARTA 19110
Tel: +62215597777
Fax: (+62)21/5597701
Instagram : @bandarainternationalhotel

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply