Ibis Jakarta Slipi, hotel bintang 3 dengan fasilitas bintang 4

Dulu sewaktu saya masih berkuliah di daerah Grogol, setiap pulang saya selalu melewati bangunan tinggi nan megah bertuliskan Ibis Jakarta Slipi. Dulu saya tidak begitu paham tentang hotel berbintang. Yang saya tahu, dengan gedung setinggi itu pastinya hotel mahal dengan fasilitas luxury.

Seiring waktu, ketika saya mengenal tingkatan hotel dan mengetahui Ibis merah adalah hotel berbintang 3, saya semakin penasaran dengan isi dari Ibis Jakarta Slipi. Karena jarang saya temui hotel bintang 3 dengan gedung tinggi (Ibis Jakarta Slipi memiliki 17 lantai). Dari yang saya alami juga, Ibis merah sebagai hotel berbintang 3, umumnya memiliki 1 restaurant, umumnya tidak memiliki pool, hanya segelintir yang dilengkapi dengan pool.

Klasik dan modern
Klasik dan modern

Akhir pekan kemarin saya (akhirnya) berkesempatan menghabiskan akhir pekan di Ibis Jakarta Slipi. Dan saya bisa berkata, Ibis Jakarta Slipi adalaha bintang 3 dengan fasilitas bintang 4.

Lobby

Area lobbynya adalah perpaduan dari klasik dan modern. Dinding-dindingnya yang masih dilapisi keramik identik dengan gedung-gedung lawas. Bukan tanpa alasan Ibis Jakarta Slipi mempertahankan beberapa keklasikannya karena hotel ini adalah Ibis merah tertua kedua yang berdiri di Jakarta. Wait…jangan under estimate dulu…meskipun senior secara usia, dijamin tidak ada kesan usang di sini. Terlihat dari furniture, area lobby, lounge semua sudah mengalami peremajaan. Di sisi kanan terdapat area resepsionis yang didominasi kayu berwarna cokelat terang yang lazim ditemui di semua jaringan Ibis Merah.

Area resepsionis
Area resepsionis

Sisi berseberangan dengan resepsionis terdapat lobby lounge, area untuk duduk-duduk menunggu proses administrasi atau menerima tamu. Cukup banyak sofa dan kursi ditempatkan di sini. Masih di area yang sama juga terdapat 3 unit computer sebagai internet corner yang dapat diakses oleh tamu hotel.

Bistro Lounge

Untuk yang menginginkan suasana yang lebih private dan tenang saat menerima tamu, Bistro Lounge bisa dijadikan pilihan. Letaknya persis di sebelah lobby lounge. Mungkin Ibis Jakarta Slipi adalah satu-satunya Ibis merah di Jakarta yang punya 2 restaurant. Salah satunya adalah Bistro Lounge. Dengan kapasitas yang cukup banyak, restaurant berkonsep industrialis ini melayani makan pagi buffet saat tamu  membludak. Makan siang dan malam ala carte. Bahkan untuk duduk-duduk menikmati minuman saat sore hari pun terbilang nyaman di sini.

Menu yang ditawarkan cukup beragam dengan harga yang terjangkau. Semisal 1 porsi grilled salmon lengkap dengan mashed potato, sauted vegetables dan 1 botol bir dingin dibanderol 120.000 ++. Chocolate lava cakenya juga wajib dicoba. Ukurannya lumayan besar dan lelehan cokelatnya sempurna saat dipotong. Untuk yang sedang dalam perjalanan pulang, terjebak macet di daerah Slipi, saya sangat merekomendasikan tempat ini untuk menunggu kemacetan terurai. Suasananya santai dan tenang, makanan dan minumannya enak dengan harga terjangkau.

Ibis Restaurant

Ini adalah restaurant utama dari Ibis Jakarta Slipi. Sama seperti Bistro Lounge, di sini melayani makan pagi, siang dan malam. Areanya terbagi menjadi 2, indoor dan outdoor, area untuk merokok yang berbatasan dengan kolam renang. Saya sempat mencicipi buffet dinner di sini. Menunya lebih kepada menu lokal dan Asian. Yang menarik ada satu sudut yang menyediakan berbagai macam ikan asin dengan berbagai macam jenis sambal. Sambal mangganya juara!

Untuk makan pagi, saya selalu menemukan pastry pain au chocolate di hampir semua Ibis merah dan memang rasanya tidak pernah mengecewakan. Apalagi selalu disediakan oven kecil untuk menghangatkan sehingga coklat di dalamnya bisa lumer saat disantap. Selebihnya, menunya lengkap mulai dari salad, menu utama Asian dan western, egg station, bubur, buah dan dessert.

Menu sarapan pagi
Menu sarapan pagi

Onyx Bar & Lounge

Seperti saya sampaikan di atas, Ibis Jakarta Slipi adalah hotel berbintang 3 dengan fasilitas bintang 4. Saya tidak pernah menemukan Ibis merah lainnya yang memiliki 2 restaurant dan bar. Bukan sekadar bar kecil menyempil dengan meja bar, tapi terdapat banyak sitting area di bar yang mulai beroperasi menjelang sore. Di Onyx Bar & Lounge bahkan terdapat juga 1 pool table sebagai entertainment. Bukan hanya indoor, di area outdoor juga tersedia beberapa kursi yang semakin cantik saat malam hari saat lampu-lampu mulai menyala dilatari gedung-gedung tinggi di kawasan Slipi.

Pool & Gym

Ini juga salah satu fasilitas yang jarang ditemui di jaringan Ibis merah. Ibis Jakarta Slipi memiliki kolam renang yang terbagi menjadi kolam anak dan kolam dewasa. Lengkap dengan kursi untuk berjemur di tepi kolam. Tak heran saat akhir pekan, area ini dipastikan padat oleh tamu-tamu keluarga. Areanya yang luas digemari untuk berkumpul keluarga.

Untuk gym, khusus untuk tamu hotel yang menginap karena harus menggunakan kartu kunci kamar untuk mengaksesnya. Area di dalam gym cukup luas tak sumpek dengan alat yang lengkap mulai dari treadmill hingga alat angkat beban.

Room

Ibis Jakarta Slipi memiliki 2 tipe kamar, standard dan junior suite. Meskipun standar tapi saya merasa penataanya cukup baik sehingga kamar tidak sumpek. Kamar mandinya pun cukup luas bukan dengan konsep tabung namun sekat permanen. Untuk junior suite memang hanya terdapat 4 unit di sini. Di area kamar terdapat ruang duduk, area kerja dan kamar mandi yang lengkap dengan bathtub. Yang saya suka, dengan konsep memanjang dan dinding kaca, saat malam hari kita bisa membuka gorden lebar-lebar dan menikmati pemandangan kota Jakarta.

Saya sangat merekomendasikan Ibis Jakarta Slipi untuk tujuan liburan keluarga di akhir pekan. Hotel bintang 3 ini memiliki fasilitas yang tidak main-main sekelas bintang 4. Di jamin tidak akan mati gaya dan tidak perlu repot untuk mencari makan karena tersedia 2 restaurant untuk di pilih.

Thank you Ibis Jakarta Slipi
Thank you Ibis Jakarta Slipi

Ibis Jakarta Slipi
Letjen S. Parman St No.59 14 5, RT.14/RW.5, Slipi, Palmerah
Jakarta 11410
Telp. (021) 5331560

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply