Mercure Convention Center Ancol, hotel yang nyaman untuk keluarga

Entah sudah berapa tahun saya tidak menginjakkan kaki di Ancol. Terakhir mungkin sekitar 10 tahun lalu saat ke Dunia Fantasi bersama teman-teman kerja. Yang paling membekas adalah ketika saya masih kecil. Waktu itu saya sempat bermalam di satu hotel besar di tepi pantai yang ternyata masih berdiri dan terawat dengan baik.

Saat ini namanya adalah Mercure Convention Center Ancol (Mercure Ancol, saya sebut begitu biar tidak terlalu panjang :)). Meskipun sudah berdiri sejak dulu, bagian dalam hotel masih terawat dengan baik. Tidak ada kesan usang sedikitpun. Untuk kamar-kamarnya, demi kenyamanan tamu memang sudah dilakukan renovasi secara total untuk seluruh kamar di Mercure Convention Center Ancol.

Mercure Convention Center Ancol
Mercure Convention Center Ancol

 

Lobby Mercure Ancol

Lobby Mercure Convention Center Ancol dibuat melebar sehingga terhindar dari kesan sempit. Nyatanya memang lobby yang melebar ini sangat membantu saat kondisi hotel sedang penuh. Terutama saat akhir pekan (dan saya menyaksikan sendiri) betapa ramainya tamu yang check-in di sini.

Tertolong dengan lobby yang melebar, plus beberapa sofa, mampu membuat kondisi lobby tetap lapang meskipun tamu sedang berjubel. Resepsionis hingga 4-5 orang juga sangat membantu mempercepat saat proses check-in

Mercure Convention Center Ancol
Area Lobby
Mercure Convention Center Ancol
Sofa di area lobby

 

NELAYAN BAR

Tepat berseberangan dengan posisi lobby adalah Nelayan Bar. Dengan menggunakan dinding kaca, duduk-duduk di Nelayan Bar bisa menikmati taman tropis dan kolam renang yang ada di Mercure Convention Center Ancol.

Nelayan Bar juga dibuat memanjang dengan peletakan meja dan kursi merapat di 2 sisi sehingga menyisakan area tengah yang lapang. Di ujung satunya terdapat piano sementara di sisi satunya terdapat bar memanjang.

Nelayan Bar menyajikan kudapan macam sliced cake dan gelato. Gelato di Nelayan Bar termasuk salah satu favorit untuk anak-anak pun dewasa. 3 scoop gelato hanya dibanderol dengan harga Rp 45.000,-.

Selain itu, di Nelayan Bar juga menyajikan minuman mulai dari kopi, teh, juice, milkshake, mocktail, cocktail hingga minuman beralkohol lainnya. Nelayan Bar terbagi menjadi area indoor dan outdoor khusus para perokok.

Mercure Convention Center Ancol
Area bar
Mercure Convention Center Ancol
Nelayan bar
Mercure Convention Center Ancol
Gelato

 

SUNDA KELAPA

Restoran ini bukan hanya melayani makan pagi, siang dan malam, Sunda Kelapa, resto yang berbentuk melingkar ini buka 24 jam. Kabar gembira untuk manusia laparan seperti saya yang jam 12 malam tiba-tiba terbayang pizza nan nikmat. 00.30 pizza pesanan saya tiba di kamar, terbukti layanan 24 jam bukan hanya isapan jempol belaka.

Mercure Convention Center Ancol
Buka 24 jam
Mercure Convention Center Ancol
Berbentuk melingkar

Untuk sarapan pagi, Sunda Kelapa melayani mulai pukul 6 pagi hingga 10 pagi. Saat akhir pekan, suasana sarapan pagi sangat hiruk pikuk, namun tak perlu khawatir karena semua makanan akan terus di refill hingga jam makan pagi berakhir.

Yang saya salut, Mercure Convention Center Ancol sebagai satu-satunya hotel di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi “Kid’s friendly hotel” dari Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) mempunyai area buffet khusus untuk anak-anak. Menu dan peletakan makanannya disesuaikan untuk anak-anak.

Selain aman untuk anak-anak, sarana ini juga berguna untuk mengajarkan mandiri bagi anak-anak untuk bisa makan sendiri. Area buffet anak-anak ini juga diletakan jauh dari area perokok.

Mercure Convention Center Ancol
Area buffet anak-anak
Mercure Convention Center Ancol
Ragam sarapan pagi

Menu yang disajikan saat sarapan pagi beragam jenisnya dari menu tradisional macam nasi uduk dan lontong sayur, hingga menu-menu western. Yang menarik perhatian saya adalah terdapat 2 bagian juice, yang pertama healthy juice seperti juice wortel, seledri, tomat, semua murni tanpa gula. Sementara satu bagian lagi juice standar dengan gula.

Mercure Convention Center Ancol
Healthy juice

Menu ala carte untuk makan siang atau malam memilik ragam dari menu lokal hingga menu mancanegara. Untuk menu lokal, saya tergiur dengan Sop Buntut Batok Kelapa. Jadi satu porsi sop buntutnya disajikan di dalam batok kelapa. Lengkap dengan nasi putih dan air kelapa plus madu sebagai minumannya. Rasa sop buntutnya luar biasa nikmat dan gurih. Dagingnya empuk tanpa perlawanan ketika dipotong.

Untuk menu mancanegaranya yang jadi favorit saya adalah Quesadilla. Tersedia dalam porsi kecil dan besar. Untuk yang porsi besar terdapat 4 potong Tortilla di isi dengan potongan daging ayam, sayuran dan keju mozzarella. Makanlah selagi hangat, dijamin nagih untuk porsi kedua.

Selain itu menu timur tengah juga banyak di sini karena banyak tamu yang berasal dari timur tengah. Untuk setiap malam minggu, di Sunda Kelapa Resto juga ada menu buffet BBQ. Nikmatnya bersantap malam ditemani semilir udara pantai.

 

KIDS AREA & ENTERTAINMENT AREA

Kalau melihat 2 ruangan ini, terjawab sudah kenapa Mercure Convention Center Ancol mendapat predikat Kid’s Friendly Hotel. Kalau di hotel lain, Kid’s area mungkin ditempatkan nyempil di sudut hotel, di Mercure Ancol ada 2 ruangan besar untuk Kid’s Area dan Entertainment Area.

Letaknya pun langsung berhadapan dengan taman. Di Kid’s Area ada banyak permainan untuk anak bahkan ada kolam mandi bola. Bukan sekadar kolam kecil tapi benar-benar kolam besar, dijamin anak-anak betah berlama-lama di sini.

Mercure Convention Center Ancol
Area bermain anak
Mercure Convention Center Ancol
Kolam mandi bola

Sementara untuk Entertainment area bisa digunakan oleh anak-anak remaja hingga dewasa. Ada 1  fuzzball, 1 mini billiard, 1 mesin basketball, 2 meja billiard dan 2 tenis meja. Semua ini boleh dipergunakan gratis oleh tamu-tamu hotel.

Mercure Convention Center Ancol
Entertainment area

 

POOL

Kolam renang di Mercure Convention Center Ancol “berasa” banget konsep tropisnya. Terdapat 3 kolam yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Tak heran, pagi-siang-sore kolam ini selalu dipadati tamu hotel terutama anak-anak.

Di area kolam juga disediakan floaties untuk anak-anak bermain. Kolam utama berukuran cukup luas dengan bentuk meliuk dengan kedalaman sekitar 1.3 meter. Kolam kedua, dengan kedalaman sekitar 50 cm terdapat air mancur.

Sementara di kolam ketiga terdapat seluncur air setinggi 3 lantai. Lumayan seru loh untuk anak-anak. Sepertinya orang dewasa juga masih bisa meluncur di sini karena ukuran seluncur yang cukup besar.

Lalu bagaimana dari segi keamanan kalau ada seluncur besar seperti ini? Selain tetap diharapkan peran orang tua untuk menjaga anak-anaknya, di area kolam selalu siap berjaga petugas lifeguard. Bahkan ketika kolam hanya diisi oleh 1 anak pun, bapak petugas ini siap siaga di tepi kolam renang.

Saya menyaksikan sendiri, tepat tengah hari bolong ada 1 orang anak bermain di kolam. Bapak penjaga siap siaga di pinggir kolam mengawasi.

Mercure Convention Center Ancol
Saat malam hari

 

Kamar Mercure Ancol

Kamar di Mercure Convention Center Ancol telah sepenuhnya selesai di renovasi. Total ada 11 tipe kamar untuk dipilih. Tipikal hotel yang sudah berdiri sejak lama, Mercure Ancol memiliki kamar dengan ukuran yang luas.

Saya menempati kamar Executive Room dengan luas kamar 50 meter persegi. Luas bin lapang ini judulnya. Di dalam kamar dilengkapi 2 sofa panjang yang bisa difungsikan sebagai extra bed. 2 sofa untuk bersantai dan area kerja.

Kamar tipe executive juga memiliki view ke arah taman atau pantai. Kebetulan pula, saya mendapatkan 2 view ini di kamar saya…juara. Kamar tipe Executive  ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Ukurannya yang luas pas untuk 1 keluarga.

Secara keseluruhan, Mercure Convention Center Ancol sangat nyaman untuk menghabiskan akhir pekan apalagi bersama keluarga. Predikat “Kid’s Friendly Hotel” memang layak disematkan kepada Mercure Ancol. Buktikan saja sendiri kalau tak percaya…ajak keluarga berlibur di Mercure Ancol. Satu tujuan liburan yang bisa memuaskan seluruh anggota keluarga.

Baca juga review Hotel Mercure lainnya.

Mercure Convention Center Ancol
Jalan-jalan Jeprat-jepret

***

Catatan C4ME:

  1. Terdapat ATM di dalam lingkungan hotel
  2. Akses ke pantai sudah ditutup demi keamanan agar tidak ada anak-anak yang lepas ke pantai
  3. Free entrance Taman Impian Jaya Ancol berlaku untuk 2 orang dan 1 kendaraan

 

Mercure Convention Center Ancol

Jakarta Baycity, Pantai Indah, RW.10, Ancol, Pademangan,
Jakarta Utara, DKI Jakarta 1443
(021) 6406000
Instagram: @mercureancoljakarta

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply