Mercure Jakarta Kota, hotel klasik yang tetap asyik

Bukan sekali saya melintas di depan Mercure Jakarta Kota. Dulu sewaktu masih bekerja di daerah Kota, bangunan ramping berwarna terakota yang berdiri disamping jalan menuju Mangga Besar cukup menarik perhatian karena kala itu tak banyak gedung bertingkat di sebelahnya. Hingga kini diapit oleh gedung-gedung tinggi, sepertinya aura klasik Mercure Jakarta Kota justru terlihat menarik diantara gedung-gedung modern berlapis kaca. Akhir pekan kemarin akhirnya saya sempat bermalam di sini. Dan ternyata, memang don’t judge a book by it’s cover berlaku benar di Mercure Jakarta Kota. Dengan tampilan klasik, ternyata di bagian dalamnya masih megah dan terawat.

Lobby yang megah
Lobby yang megah

Lobby

Tipikal hotel-hotel yang lebih “senior” secara usia adalah lobby yang megah. Pun dengan Mercure Jakarta Kota yang sudah berdiri sekitar 22 tahun, memiliki lobby yang luas dengan langit-langit lobby mencapai 2 lantai. Lengkap dengan kubah dihiasi semacam kaca patri dan lampu gantung. Dari arah pintu masuk, resepsionis terletak di bagian kiri. Sama halnya, meja resepsionis terlihat massive dan kokoh memanjang. Sementara di seberangnya terdapat 2 sofa, tak banyak memang karena ada lounge/bar di area lobby.

Area lobby
Area lobby

Kirana Bar

Di sini, tamu bisa menikmati sajian welcome drink berupa teh, kopi, juice atau minuman soda. Kirana Bar memiliki beberapa sofa dan jajaran kursi di bagian Bar. Di Kirana Bar juga tersedia screen besar yang memutar siaran-siaran olahraga. Jadi saat musim tayangan olahraga, Kirana Bar sering kali dipadati tamu hotel yang ingin merasakan sensasi NoBar.

Kirana Bar
Kirana Bar

Spice & Chiao Tung Restaurant

2 Resto ini terletak di lantai 2 yang melayani makan pagi hingga malam. Untuk menu makan pagi, varian yang disajikan sangat beragam dari menu lokal hingga mancanegara. Favorit saya adalah ragam pastriesnya, terutama croissant nya yang benar2 renyah dan lembut di dalamnya. Untuk makan siang dan malam umumnya berupa ala carte namun saat hari sabtu, minggu atau hari libur nasional, Chiao Tung mempunyai promo all you can eat dimsum hanya dengan 128.000 nett/pax setiap jam 11.00 sampai 15.00. Menu dimsum yang disajikan sangat beragam mulai dari kukus, goreng bahkan ada Lamien yang dibuat dengan konsep live cooking show. Lamiennya pun dibuat warna-warni dengan bahan dasar sayuran.

Menu sarapan pagi
Menu sarapan pagi

Lumpia kulit tahu, kukus dan goreng, keduanya menjadi favorit saya dengan isian yang penuh. Pao telur asin juga tidak boleh dilewatkan. Apalagi disantap saat masih panas, terbukti dalam sekejab pao ini ludes tak tersisa. Onde-onde nya juga juara, garing di bagian luar kulitnya dan super lembut isinya.

Promo dimsum
Promo dimsum

Room

Mercure Jakarta Kota mempunyai 4 tipe kamar, Superior, Deluxe, Executive dan Suite. Lagi-lagi, hotel yang sudah berdiri sejak lama punya keunggulan dari segi ukuran kamar. Tipe superiornya saja memiliki luas 29 meter persegi, dan semua tipe kamar ini dilengkapi dengan bathtub.

Saya menempati kamar tipe executive dengan luas 56 meter persegi. Meskipun terbilang senior, namun perawatan Mercure Jakarta Kota patut diacungi jempol. Semua furniture di kamar masih terjaga dan terawat dengan baik. Klasik yang tak lekang dimakan waktu, begitu kira-kira menggambarkan kamar Mercure Jakarta Kota. Sudut favorit saya di kamar adalah area kerjanya. Berupa meja bundar dengan 2 kursi yang diletakan di pojok kamar dengan dinding kaca menghadap view kota Jakarta. Menjelang malam sungguh cantik view dari sini. Saat pagi hari, matahari bersinar masuk menghangatkan ruangan.

Sudut kerja
Sudut kerja

Pool/Fitness Center

Fasilitas kebugaran terletak di lantai 3. Awalnya saya bertanya-tanya. Melihat rampingnya gedung Mercure Jakarta Kota, dimanakah gerangan letak si kolam renang. Ternyata meskipun ramping, gedung hotel ini memanjang ke belakang. Kolam renang ini terletak di bagian belakang gedung dengan konsep tropis. Kolamnya terbagi menjadi 2, untuk anak-anak dan dewasa. Banyaknya kursi malas untuk berjemur, area ini dipastikan penuh oleh keluarga dari pagi hingga siang hari. Berlanjut kemudian di sore hari. Saya sendiri lebih suka menikmati suasana kolam saat malam hari berhubung area pool ini buka hingga jam 9 malam. Suasananya lebih tenang dengan sayup-sayup suara kendaraan di jalan Hayam Wuruk.

Di sini juga terdapat area Jacuzzi semi indoor yang bisa digunakan untuk bersantai kapan pun tanpa takut tersengat matahari.

Semi indoor jacuzzi
Semi indoor jacuzzi

Sangat menyenangkan bisa merasakan suasana Mercure Jakarta Kota, hotel klasik dengan maintenance yang baik. Belum lagi dengan dimsum all you can eatnya yang bisa dinikmati oleh tamu luar hotel juga. Secara lokasi pun, Mercure Jakarta Kota dekat dengan pusat hiburan, pusat kuliner dan lokasi wisata. So…Liburan kemana dengan keluarga minggu ini? Mercure Jakarta Kota saja!

Mercure Jakarta Kota
Jalan Hayam Wuruk No.123 RT.4/RW.6
Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat 11160
Phone: (021) 6248680
Instagram : @mercurejakartakota

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply