Novotel Jakarta Gajah Mada, bersebelahan dengan bangunan bersejarah

Wilayah Gajah Mada sudah terkenal dengan “gudang hotel” Mulai dari losmen hingga hotel berbintang berjajar tinggal dipilih. Hotel sekadar hotel dengan bentuk bangunan tinggi nan megah namun tak banyak yang memiliki nilai plus. Salah satu yang memiliki kelebihan menurut saya adalah Novotel Jakarta Gajah Mada.

Kenapa? Kalau masalah strategis sudah pasti lah untuk semua hotel yang berdiri di jalan utama Hayam Wuruk. Masalah dekat dengan lokasi wisata, ya pasti juga, ke Kota Tua tak sampai 10 menit. Namun Novotel Jakarta Gajah Mada bersebelahan dengan bangunan cagar budaya Candranaya. Keunikan tersendiri apalagi untuk kalangan senior yang tahu tentang bangunan yang berdiri sejak 1800an ini. Saya pun tahu sekilas-sekilas tentang bangunan yang tidak boleh diruntuhkan ini. Bangunan Candranaya adalah rumah seorang Mayor dari Tiongkok pada era tahun 1800an dan sempat berganti-ganti penghuni seiring berjalan waktu. Namun semua penghuninya adalah petinggi atau orang penting yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan katanya bangunan ini sempat dijadikan kedutaan besar China. Candranaya kini dikelilingi kafe dan kedai makan dengan nuansa Pecinan. Menjadi daya Tarik sendiri bagi tamu-tamu Novotel Gajah Mada untuk merasakan suasana Pecinan hanya selangkah dari lobby hotel.

Selain itu, tak seperti kebanyakan hotel berbintang 4, harga makanan dan minuman di Novotel Jakarta Gajah Mada sangat-sangat ramah kantong. Dengan porsi besar, tampilan menarik dan rasa yang lezat…why would ask for another?

Lobby

Lebih terkesan simple tanpa ada banyak pernak-pernik yang memenuhi area lobby. Terdapat 3 meja concierge dengan 1 untuk member Le Club AccorHotels. Tepat di depannya adalah sofa-sofa dan meja untuk menunggu proses administrasi hotel.

Lobby
Lobby

Le’Bar

Jika di hotel lain umumnya terdapat lobby lounge, di Novotel Jakarta Gajah Mada langsung mengarahkan tamu hotel ke lantai 1 yang dihubungkan dengan tangga dari area lobby. Le’Bar terletak persis di atas area lobby. Di sini terdapat banyak sofa dan dilengkapi dengan bar di satu sisinya. Asumsi saya *sok analisanya muncul*, Le’Bar ini bisa difungsikan sebagai lobby lounge juga. Malah menurut saya akan lebih nyaman karena tidak terganggu lalu lalang orang yang hendak check in atau check out. Suasananya lebih tenang untuk menerima tamu atau bersantai.

Le'Bar
Le’Bar

Di Le’Bar menyediakan minuman dan makanan kecil. Yang mengejutkan ternyata harganya sangat-sangat terjangkau untuk bilangan hotel berbintang 4. Misal untuk minuman, juice alpukat dicampur durian *percayalah ini enak dan creamy* hanya berbanderol Rp 25.000. Lalu ada juga promo sweet n savory dengan harga kisaran 15.000 dan 20.000. Untuk kudapan sweet ada beberapa pilihan sliced cake. Sementara untuk savory ada beberapa pilihan gorengan seperti lumpia, pisang goring, hingga pizza. Nah khusus untuk pizza juga ada promo sendiri yang di pairing dengan 1 botol bir, dibanderol 100.000 nett.

Menjelang malam, ada bubur ‘corner’ berkonsep live cooking. Jadi untuk yang memesan, bubur akan dipanasi sebelum disajikan lengkap dengan beberapa pilihan topping.

Bubur
Bubur

The Square Restaurant

Resto ini terletak di lantai 6 dengan area yang cukup luas. Melayani makan pagi yang dimulai dari pukul 6 pagi, hingga makan siang dan malam. Untuk makan pagi, Novotel Jakarta Gajah Mada memiliki varian menu yang lengkap meliputi menu lokal, western dan oriental. Pesan dari beberapa orang yang pernah menjajal sarapan di Novotel Jakarta Gajah Mada, jangan lewatkan noodle corner dan waffle corner. Pada kenyataannya, masih banyak ‘corner-corner’ lain yang perlu dicicipi seperti sandwich corner, dimsum corner dan healthy juice corner.

Noodle cornernya memiliki beragam jenis mie, mulai dari yang standar, mie lebar hingga mie hijau yang terbuat dari bahan organik. Langsung direbus sesaat setelah memesan dan dilengkapi dengan potongan daging ayam. Memang wajib dicoba mie-nya Novotel Jakarta Gajah Mada.

noodle corner
noodle corner

Waffle corner yang terletak hampir di pojok ruangan ternyata memiliki 2 pilihan waffle atau pancake. Terdapat 3 pilihan rasa, original, strawberry atau pandan. Sementara untuk sirupnya ada chocolate, maple dan madu.

Waffle corner
Waffle corner

Corner lainnya adalah sandwich yang mempunya dua pilihan burger bun atau croissant. Dilengkapi dengan sayuran plus lembaran keju. Bisa juga ditambah dengan bacon yang diambil dari salad bar…*saya cerdik kalau urusan makan*

Menu sarapan lengkap
Menu sarapan lengkap

Dimsum corner bersebelahan dengan waffle corner. Ada 2 jenis dimsum, kukus dan goreng. Total ada sekitar 5 jenis dimsum untuk dinikmati saat sarapan.  Bagi yang mau menyantap dimsum di luar jam sarapan juga bisa memesan ala carte dengan ragam dim sum yang lebih banyak.

Dimsum corner
Dimsum corner

Terakhir adalah healthy juice corner. Di sini juice nya dibuat saat ada pemesanan dan bisa menyesuaikan jenis buah atau sayur yang di juice. Memang kalau mau sehat jangan tanggung-tanggung. Karena juice yang sudah didiamkan terlalu lama juga ujungnya memang tidak mengandung khasiat apapun.

Fresh healthy juice
Fresh healthy juice

Untuk makan siang dan makan malam, Novotel Jakarta Gajah Mada punya range harga yang ramah kantong. Misalnya untuk satu porsi Burger Candranaya plus french fries dijual dengan harga 55.000 *hampir mirip dengan harga resto waralaba tapi yang ini dagingnya 2x lipat tebalnya* Blum lagi seporsi Iga Garang Asam yang dibanderol dengan harga 55.000 juga sudah lengkap dengan nasi putih.

Yang jadi primadona di sini adalah Iga Bakar Balado. Daging Iga yang dibakar lalu dibaluri dengan sambal balado. Melihat irisan cabai di sambal baladonya saja sudah mengundang untuk disantap.

Iga balado
Iga balado

Kedepan Novotel Jakarta Gajah Mada memiliki Chinese set menu untuk pilihan makan siang atau malam. 1 set menu sudah terdiri dari beberapa macam makanan sehingga bisa di santap untuk 2 orang atau lebih.

Chinese set menu
Chinese set menu

Untuk menu western, rekomendasi dari saya adalah Tenderloin Steak dengan lelehan butter dan tekstur daging yang lembut luar biasa. Disajikan dengan potongan kentang dan sauted vegetables. Di The Square Restaurant Novotel Jakarta Gajah Mada juga menyediakan pilihan red dan white wine. Jadi sangat pas untuk menemani bersantap steak.

Pool

Pusat kebugaran terletak di lantai 7. Di sini terdapat pool dan fitness center. Untuk kolamnya sendiri terbagi menjadi 2 untuk dewasa dan anak. Terbilang aman karena kolam anak memang terpisah dari kolam dewasa sehingga lebih mudah untuk mengawasi. Di sini juga terdapat 1 jacuzzi yang bisa memuat cukup banyak orang. Di sekeliling kolam terdapat beberapa kursi untuk berjemur dan bersantai. Di area ini juga di tempatkan beberapa tanaman hijau untuk menyejukan udara wilayah Gajah Mada yang penuh dengan gedung-gedung.

Room

Novotel Jakarta Gajah Mada memiliki 3 tipe kamar, yaitu Superior, Premiere dan Suite. Untuk Superior dan Premiere memiliki luas 27 meter persegi. Yang membedakan adalah, bagi tamu kamar Premiere memiliki benefit untuk dapat mengakses premiere lounge di lantai 22 untuk sarapan atau afternoon tea.

Sementara kamar Suite memiliki luas 60 meter persegi dengan membagi ruang tamu dan ruang tidur. Di area ruang tamu terdapat toilet dan washtafel untuk tamu. Area TV dan area kerja. Sementara di dalam ruang tidur juga terdapat area kerja, 1 day bed dan kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub. Saya suka dengan peletakan kamar mandi yang memanjang mulai washtafel lalu dibatasi pintu untuk menuju ke toilet, bathtub dan area shower di paling pojok.

Novotel Jakarta Gajah Mada sangat tepat untuk sekadar weekend getaway bersama keluarga. Ukuran kamar yang luas, restaurant dengan ragam menu plus harga yang ramah kantong menjadi kelebihan untuk Novotel Jakarta Gajah Mada. Jangan lupa juga, letak hotel ini yang dekat dengan sentra kuliner di wilayah Gajah Mada, Hayam Wuruk dan Mangga Besar. Untuk wisata pun hanya berjarak tak lebih dari 10 menit ke wilayah Kota Tua dan Pecinan. Bahkan untuk melihat bangunan bersejarah Candra Naya hanya cukup turun ke lobby hotel dan melangkah untuk menikmati suasana Pecinan tempo dulu. Oh ya…untuk yang mau menginap di Novotel Jakarta Gajah Mada ada special rate tiap hari sabtu, minggu dan senin dengan cek ke www.accorhotels.com/7447

Jalan-jalan Jeprat-jepret
Jalan-jalan Jeprat-jepret

Novotel Jakarta Gajah Mada

Jl Gajah Mada No 188
Jakarta Barat 11120
Tel: +622129367777
Instagram : @novoteljakartagajahmada

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply