Rooms Inc. Semarang hotel Instagenic di tengah kota

Tanpa bermaksud sombong atau “belagu” kalau kata anak Jakarta, saya sempat berujar ke beberapa teman “kadang saya bosan dengan bentuk hotel yang begitu-begitu saja, bagus sudah pasti, tapi kurang berkesan” *kemudian saya di banned oleh jaringan hotel…ampooon*

Ujaran asal-asalan saya sepertinya terpatahkan belum lama ini. Mas Burhan Abe yang kerap kami panggil sebagai kepala suku mengajak kami (yang tidak usah diperkenalkan satu persatu karena hanya menambah rusuh) untuk experience stay di salah satu hotel di Semarang. Rooms Inc., seketika dahi saya mengerenyit serasa roaming mendengar nama asing.

Area lobby
Area lobby

“Ini hotel baru, masih satu jaringan dengan Artotel” Tulis Mas Abe di grup WA kami.

@liveatroomsinc….Ini Instagram-nya” Tambah Mas Abe.

Beberapa kawan langsung menimpali kalau hotel ini sangat-sangat instagenic. Saya langsung kepo berseluncur di laman Instagram Rooms Inc. Well, keren lah menurut saya. Sesuatu yang beda karena bermain di warna-warna gelap hitam dan cokelat. Tak seperti hotel pada umumnya yang cenderung bermain di warna terang.

Singkatnya, pada hari H kami tiba di Stasiun Tawang, Semarang dan langsung dijemput oleh staff Rooms Inc. Akhir pekan itu di Semarang sedang berlangsung Festival Kota Lama yang membuat perjalanan kami sedikit tersendat. Semestinya, dari Stasiun menuju hotel hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit (4 kilometer). Secara lokasi Rooms Inc. memang terletak di tengah kota. Tak apalah macet sedikit, toh kami menikmati pemandangan deretan bangunan tua dan café-café yang menjamur di Semarang.

Banyak spot untuk berfoto
Banyak spot untuk berfoto

Perlahan kendaraan yang menjemput kami memasuki pelataran DP Mall, ya…Rooms Inc. menyatu dengan bangunan DP Mall yang digadang-gadang akan menjadi mall prestisius di Semarang. Terlihat dari tenant-tenant yang akan membuka gerainya di Mall yang terletak di Jalan Pemuda seperti Uniqlo, Sephora dan brand ternama lainnya.

Kami dipersilakan masuk ke ruangan kecil berisi bangku dengan lampu gantung unik dan pintu lift. Tok…hanya itu saja, namun dari interior, pemilihan furniture saya yakin bahwa saya akan menemukan hal yang jauh lebih keren dari apa yang saya lihat di laman Instagram Rooms Inc. Dari Lantai G (Ground) kami meluncur ke Lantai L (lobby) bahkan lift nya pun didesain ala-ala industrialis dengan rangka besi sebagai pelapis dinding belakang lift.

Ground floor (Docs. Room Inc.)
Ground floor (Docs. Room Inc.)

“Gila keren bangetttt” kami berseru hampir serentak begitu pintu lift terbuka di lantai L. Enyahkan dulu bayangan lobby hotel yang megah, mewah, rapi bak lobby kantor. Rooms Inc. memiliki lobby bertema industrialis didominasi warna hitam, cokelat tua dan kuning terang sebagai aksennya. Tepat di depan pintu lift adalah meja concierge yang menyatu dengan area mini bar. Lampu hias yang menggantung pun dibuat sangat lekat dengan tema industrialis. Area ini dibuat memanjang tanpa sekat sehingga berkesan luas dan plong. Beurutan setelah meja concierge adalah area semacam lobby lounge yang dinamakan Grab & Go. Diisi dengan sofa plus bangku dengan deretan meja untuk 2-4 hingga 8 sampai 10 orang. Di sini tamu hotel/pengunjung dari luar pun bisa memesan minuman dan makanan.

Concierge
Concierge

Di sisi kanan concierge terdapat satu ruangan semi outdoor yang nyaman untuk duduk-duduk menjelang sore hingga malam hari. Pemandangan dari sini langsung mengarah ke Lawang Sewu. Jadi pengunjung bisa menikmati saat Lawang Sewu mulai bermandi cahaya lampu saat malam hari. Percayalah, auranya berbeda saat malam hari. (Dari Rooms Inc. menuju wisata sejarah Lawang Sewu cukup berjalan kaki tak lebih dari 5 menit)

Open area (docs. Room Inc.)
Open area (docs. Room Inc.)

Area selanjutnya adalah Play Room. Dilengkapi dengan mesin dart, fuzzball dan pool table. Tali tambang sebagai pembatas ruang membuat area ini terlihat unik dan mengundang (untuk berfoto :p) Dilengkapi pula dengan beberapa sofa, area ini sangat asyik untuk dijadikan tempat berkumpul menghabiskan waktu.

Di sisi kanan sepanjang lobby adalah meeting room. 3 meeting room bernama Cresent Moon, Half Moon dan Full Moon masing-masing berkapasitas 80 orang dilengkapi dengan LCD + Screen. Ketiga ruangan ini dapat digabung untuk menampung sekitar 200-an orang.

Setelah Play Room adalah area Verve Bistro Coffee & Bar. Area ini melayani makan pagi dari pukul 6 hingga 10 pagi. Untuk sarapan pagi cukup beragam dari menu western hingga ke tradisional macam soto, bubur. Menu sarapan di sini juga berganti tiap harinya. Yang jadi favorit saya adalah adanya minuman lokal seperti Bajigur atau Jamu. Verve Bistro terbagi menjadi area indoor dan semi outdoor. 2 area ini bisa menampung cukup banyak pengunjung, tinggal tentukan mana yang nyaman untuk kamu.

Sarapan yang beragam
Sarapan yang beragam

Di ujung juga terdapat Gym area dengan alat yang cukup lengkap. Ruangannya cukup luas dengan jarak antar masing-masing alat cardio atau angkat beban tidak berdempetan sehingga tamu bisa berolahraga tanpa terganggu dan berdesakan *kan mau ngegym bukan ngangkot*

Ruang gym (Docs. Rooms Inc.)
Ruang gym (Docs. Rooms Inc.)

Untuk kamar, Rooms Inc. sangat memperhatikan privasi dan kenyamanan tamu-tamunya sehingga harus menggunakan akses kartu untuk menuju ke wilayah kamar. Tipe kamarnya sendiri terbagi menjadi 3, Deluxe (34 meter persegi), Superior (18.5 meter persegi)  dan Standar (17 meter persegi). Interior kamar tetap didominasi dengan warna hitam, coklat kayu, putih dan kuning sebagai aksen. Duvet cover-nya saja menggunakan warna hitam, warna yang tidak lazim digunakan oleh hotel namun justru membuat unik. Interior kamar cenderung simple dan minimalis. Tanpa banyak ornamen sehingga kamar tetap terasa luas. Yang saya suka dari kamarnya adalah disediakannya botol air yang bisa direfill dengan air mineral yang disediakan di koridor antar kamar. Buat saya yang minumnya banyak, berterima kasih banget sama Rooms Inc. dengan fasilitas air mineral free refill ini.

Tipe kamar Superior
Tipe kamar Superior

Last but not least, Lantai P (Parking) yang memiliki akses masuk langsung dari area parker ke dalam hotel. Bahkan di lantai P yang menghubungkan ke lantai L pun ditata dengan sangat apik. Intinya Rooms Inc. menjawab keinginan saya akan hotel yang unik dan memorable. Tema Industrialisnya benar-benar tersampaikan dengan baik di semua sudut area hotel. Datang dan lihat sendiri, karena aslinya jauh lebih keren!!!!

Akses dari P ke L
Akses dari P ke L

Rooms inc.
Jl. Pemuda No.150, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
Telepon: (024) 86001200

Jalan-jalan Jeprat-jepret
Jalan-jalan Jeprat-jepret
About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply