Sanctoo Suites and Villas, Wajah baru semakin memukau

Sanctoo adalah villa pertama yang saya review ketika menjadi hotel reviewer di tahun 2015. Mungkin juga properti ke 3 atau 4 yang saya kunjungi. Saat itu saya merasa “special” karena sekelas “anak bawang” yang belum ada portofolio mumpuni, diundang untuk experience stay di The Sanctoo Villas & Spa, luxurious villa yang baru saja dibuka.

Wajah baru Sanctoo
Wajah baru Sanctoo

Saat itu ada 12 unit private villas, area restaurant yang menghadap ke area persawahan dan spa dengan ambience yang luar biasa menyatu dengan alam. View air terjun dan tentunya suara asli air dan gemerisik daun, bukan efek suara yang diputar melalui pengeras suara seperti spa pada umumnya.

5 tahun berselang, saya kembali mendapat kesempatan untuk experience stay di The Sanctoo Villas & Spa yang sudah berganti menjadi Sanctoo Suites and Villas. Banyak sekali perkembangan yang dilakukan oleh Sanctoo. Yang paling utama adalah dengan ditambahnya 26 kamar suite untuk melengkapi 12 villas yang sudah ada. Perubahan letak lobby yang lebih di depan dan area parkir yang lebih luas. Lalu restaurant yang lebih dekat dengan area lobby. Dulu, untuk ke restaurant kita butuh memanggil buggy car untuk mengantar karena jarak yang cukup jauh antara villas dan restaurant. Area bekas restaurant lama kini beralih fungsi menjadi function room.

Sanctoo semakin family friendly
Sanctoo semakin family friendly

LOBBY

Area lobby kini lebih luas dan lebih menyatu dengan lingkungan sekitar, tanpa ada sekat dinding. 2 patung jerapah, sepertinya seukuran jerapah asli, menyambut di area lobby. Saya salut dengan keramahan staff Sanctoo. Mungkin karena jumlah kamar yang tidak terlalu banyak, jadi tamu yang check-in bisa terkontrol dan termonitor. Semenjak saya turun dari kendaraan, staff yang menyambut mengucapkan salam dengan menyebut nama saya. Hal kecil tapi saya yakin akan membekas untuk siapapun yang menginap.

RESTAURANT

Selasar kecil dari area lobby yang langsung menuju kearah restaurant. Area ini melayani makan pagi, siang dan malam. Khusus untuk makan pagi, akan dikondisikan sesuai dengan keberadaan tamu. Jika cukup banyak tamu menginap akan diberlakukan buffet, sementara jika sedikit sarapan akan berupa ala carte dengan pilihan menu yang bisa dipesan antara Indonesian atau American Breakfast. Untuk menu makan siang atau malam, bagi yang sudah terlalu “PW” dengan situasi Sanctoo, tak perlu repot-repot mencari makan di luar. Harga menu di Sanctoo sangat ramah kantong. Semisal untuk pork rib hanya dibanderol Rp 75.000,-.

Restaurant
Restaurant

POOL

Untuk mengakomodir 26 kamar suite, Sanctoo menyediakan pool besar yang dikelilingi taman tropis. Poolnya terbagi menjadi pool anak dan dewasa. Untuk di bagian dewasa terdapat area landai lengkap dengan lounger chair untuk berjemur. Dengan semilir sejuk khas Ubud, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Meskipun sejuk, kadang mataharinya cukup menyengat.

THE VILLAS

Masih dengan 12 villas berukuran 300 sqm yang sangat nyaman untuk lepas dari bising dan penat. Suasananya benar-benar asri, apalagi 5 tahun berselang, tumbuhannya sudah merimbun. Bagi yang senang dengan suasana hijau, pas banget untuk mencoba villas Sanctoo. Akses menuju villas masih menggunakan Buggy Car, atau saat ini ada akses jalan dari restaurant menuju ke villas

The Villas
The Villas

Villa ini maksimal dihuni 3 orang dewasa dengan penambahan extrabed untuk tetap menjaga ketenangan area villas. Tidak ada perubahan di dalam villa namun saya tetap menobatkan kamar mandinya sebagai kamar mandi terbaik. Bathtub besar di tengah kamar mandi lengkap tersedia bubblebath dan bath salt. 2 Vanities, area shower dan toilet yang terpisah. Satu sofa persis di samping bathtub. Pintu lipat di area kamar mandinya bisa dibuka sehingga akses langsung ke taman dan private pool. Di dalam kamar, dilengkapi dengan king size bed, walking closet, 2 area kerja dan mini bar. Dari area kamar juga ada pintu geser yang bisa dibuka untuk mengakses private pool. Masing-masing villa memang memiliki private pool masing-masing. Di area pool terdapat 2 lounger chair, 1 gazebo dan outdoor shower. Untuk yang memesan romantic dinner atau in room breakfast, bisa menggunakan gazebo untuk area makannya atau bahkan floating breakfast untuk sensasi sarapan di private pool.

THE SUITES

Tambahan terbaru dari Sanctoo, bangunan 3 lantai dengan 26 kamar suites. Ya, semua kamarnya bertipe suite dengan pembagian living room, area kerja, kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub dan balkon. Untuk beberapa kamar di lantai 1 bahkan memiliki pool access. Meskipun kamar suite, saat ini  Sanctoo sedang mengadakan promo Rp 600.000 nett untuk 1 kamar suite yang bisa diisi 2 orang dewasa dan 2 balita. Dan ada benefit tambahan berupa 4 tiket masuk Balizoo (2 tiket dewasa dan 2 tiket balita)

THE SPA

Spa Sanctoo masih menempati lokasi yang sama dengan dahulu. Untuk yang senang dengan suasana spa yang asli dan natural, sepertinya wajib mencoba spa di sini. Tak perlu khawatir, spa nya bisa dinikmati oleh tamu luar tanpa harus menginap di The Sanctoo. Harganya pun tak terlalu mahal, mulai dari seratus ribuan sudah bisa menikmati salah satu treatment di Spa Sanctoo.

BALIZOO

Letaknya berseberangan dengan Sanctoo. Menurut saya, destinasi ini sangat wajib dikunjungi bagi yang menginap di The Sanctoo. Balizoo menawarkan pengalaman berbeda saat berwisata ke kebun binatang. Terlebih lagi, Balizoo juga melakukan banyak peningkatan yang membuat servis, fasilitas, koleksi satwa dan atraksinya sangat berkelas.

Balizoo
Balizoo

Memasuki Balizoo, pengunjung langsung disambut oleh kawanan rusa dan  wallaby yang dibiarkan bebas berkeliaran. Tamu bisa berinteraksi langsung dan memberikan makanan dengan catatan hanya boleh memberikan wortel yang dibeli dari booth penjual makanan satwa di dalam area Balizoo.

Interaksi dengan satwa
Interaksi dengan satwa

Setelahnya, pengunjung bisa menggunakan shuttle car untuk menuju Kampung Sumatra. Satwa-satwa di sini tidak dibatasi dengan jeruji besi namun dibiarkan terbuka hanya diberikan jarak antara satwa dan pengunjung untuk mencegah satwa kabur atau menyerang manusia. Ada 2 jenis harimau di sini, Harimau Sumatra dan Harimau Benggala. Kandangnya sangat besar untuk menghindari tingkat stress satwa. Senangnya melihat satwa di Balizoo yang terlihat besar-besar dan gemuk-gemuk.

Shuttle car
Shuttle car

Atraksi terbaru yang baru saja di buka September 2020 kemarin adalah The Savana. Di sini ada restaurant yang menghadap langsung ke area Burung Unta, Zebra dan nantinya akan di tambah jenis satwa Jerapah, Burung Flamingo dan Badak. Di area Savana juga terdapat kandang Hyenna dan Singa. Di jam-jam tertentu kita bisa melihat Singa diberi makan dan kita juga bisa ikut memberi makan ditemani staff dari Balizoo.

The Savana
The Savana

Sanctoo Suites and Villas pilihan tepat untuk yang ingin merasakan ketenangan, suasana alam dengan servis terbaik. Dengan adanya Suites memberikan pilihan yang lebih beragam menyesuaikan dengan kebutuhan para tamu. Pengembangan yang dilakukan oleh Sanctoo dan juga Balizoo sepertinya bisa menjadikan Sanctoo Suites and Villas sebagai one stop destination untuk berlibur dan berwisata.

The Sanctoo Suites n Villas
The Sanctoo Suites n Villas

Sanctoo Suites and Villas
Jl Ulun Suwi II, Singapadu, Gianyar-Bali
Instagram @sanctoosuitesvillas

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply