Semua Indah dengan sAMOLED Screen Samsung Galaxy J5

Traveling saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan orang kebanyakan, terlebih lagi bagi orang-orang yang tinggal di kota yang saat ini sedang bermunculan pohon-pohon beton di tengah jalan seperti saya.

Rasanya mumet 5 hari berjibaku dengan kemacetan, menghirup asap hitam yang berkeliaran di jalan raya sampai mengalami “kram” otak karena berkejaran dengan deadline, wajib dibayarkan dengan traveling saat weekend meninggalkan semua rutinitas.

Merapat dengan alam menjauhi bising kota menjadi pilihan utama saya. Gunung, pantai, danau, ataupun air terjun. Semakin sulit dijangkau semakin nikmat untuk saya. Satu hal yang harus dipenuhi saat traveling adalah tinggalkan semua ke-RIBET-an.

Sumber ke-RIBET-an yang utama adalah banyaknya barang bawaan.

Saya tidak mengalami kesulitan dengan kebutuhan sandang yang harus dibawa, yang menjadi masalah justru tetek bengek untuk mengabadikan momen dan keindahan alam (apalah artinya traveling tanpa jeprat-jepret).

***

Hadirnya Samsung Galaxy J5

Dulu, DSLR dengan 2 lensa dan 1 tripod selalu menjadi teman terdekat saya selama perjalanan. Setiap menjelajahi lokasi dengan medan yang agak sulit, rasanya saya harus menambah beban tambahan selain “tas pinggang” saya yang sudah overweight.

Beralih ke Mirrorless cukup membantu untuk meringankan banyak beban saya. Namanya manusia selalu tidak pernah merasa puas :p, tetap saja mencari-cari kekurangan. Idealnya, tidak memberatkan, kualitas bagus, bisa langsung eksis di media sosial, pokoknya tinggalkan yang namanya RIBET.

“Doa” dan kebutuhan saya akhirnya dijawab oleh Samsung dengan dirilisnya smartphone terbaru dari Samsung yaitu SAMSUNG GALAXY J5. Boleh saya simpulkan kalau ini menjadi smartphone yang mampu mengobati segala macam ke-RIBET-an yang menghantui saat traveling.

Koq bisa?

Coba lihat beberapa fitur andalan Samsung J5 berikut:

 

Kamera Samsung Galaxy J5

Ada begitu banyak fitur yang tersemat dalam gawai satu ini, namun salah satu paling signifikan selama saya pakai traveling adalah dari sisi kameranya. Mari kita jajal satu per satu:

  • Front Camera

    Penggila selfie, wefie atau groufie pasti langsung jatuh cinta dengan J5 ini. Bagaimana tidak, Samsung J5 ini sudah dibekali dengan front camera berkekuatan 5MP.

    Jadi, jangan khawatir dengan hasil kamera depan yang umumnya pixelette dan blurry.

    Hasil Kamera Depan Samsung J5
    Cahaya minim, cahaya berlebih, hasil front camera Samsung J5 tetap OK
  • Built-in Front Flash Camera

    Nah, ini yang saya suka. Keunggulannya semakin bertambah dengan adanya Built-in Front Flash Camera.

    Ya, ada flash tambahan pada front camera-nya.

    Hasil kamera depan menjadi lebih asik walau di ruangan dengan minim cahaya sekalipun atau bahkan dengan cahaya berlebih. Hasil foto selfie tetap jernih dan tidak membentuk siluet.

    Saya sempat mencobanya saat berburu foto sunrise di Hutan Pinus Gunung Halimun saat gathering komunitas Travel Blogger Indonesia. Saya dan beberapa teman berfoto membelakangi arah matahari terbit.

    kamera samsung galaxy j5
    Wefie dengan built in front flash camera, no more sillhouette

    Biasanya yang terjadi hasil foto akan siluet, namun dengan fitur Built-in Front Flash Camera yang dimiliki Samsung J5 ini, hasilnya tetap bisa memamerkan wajah-wajah belum mandi kami.

  • Beauty Face

    Takut jelek?

    Jangan sedih dulu, karena kamera J5 ini sudah dilengkapi dengan fitur beauty face. Wajah-wajah belum mandi kami tetap terlihat segar dengan beauty face yang dapat diatur intensitasnya hingga 8 level.

    Jerawat, bekas jerawat, kerut di mata, hilang semua dengan adanya fitur beauty face ini. Hanya “bau naga” saja yang tidak bisa dihilangkan dari wajah-wajah belum mandi ini :p

  • Palm Selfie

    Saya yang dibekali dengan jari-jari “jempol semua” selama ini cukup merasa RIBET jika didapuk sebagai pemegang kamera saat ber-wefie atau groufie. Entah saya yang tidak ahli atau salah posisi memegang kamera, sehingga saya merasa kesulitan memegang smartphone dengan satu tangan sekaligus memencet tombol shutter di tengah layar.

    Lagi-lagi fitur Samsung Galaxy J5 “mengerti saya” banget dengan menyematkan fitur Palm Selfie.

    Cukup angkat telapak tangan menghadap kamera, dalam 2 detik kamera akan menangkap momen berharga saya tanpa harus akrobat jari diatas layar smartphone.

    Fitur Palm Selfie Samsung J5
    Fitur Palm Selfie Samsung J5
  • Rear Camera

    Kamera belakang Samsung Galaxy J5 dengan resolusi 13 Megapixel mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan auto-fokus yang cepat. Ya, tak perlu takut melewatkan momen penting saat sedang memotret karena fokus kamera smartphone yang lambat.

    Samsung J5 mampu menangkap momen dengan segera begitu saya memencet tombol shutter dengan hasil foto minim blur.

    Hasil kamera Samsung J5 dengan minim cahaya
    Foto dengan minim cahaya namun tetap fokus
    Settingan 1:1 Samsung Galaxy untuk instagram
    Setting 1:1 bisa langsung upload Instagram

    Saat kemarin saya menjajal kemampuan kamera J5 di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun, semua momen dapat diabadikan dengan baik, di dalam maupun di luar ruangan.

    Selain resolusi 13 Megapixel, Kamera J5 juga memiliki aperture 1.9. Ini merupakan keunggulan yang amat sangat untuk ukuran sebuah kamera handphone, bahkan kamera DSLR dengan lensa standar pun jarang ada yang mencapai bukaan hingga 1.9.

    Dengan bukaan selebar ini, dijamin foto di dalam ruangan bukan kendala lagi. Cahaya yang ditangkap bisa lebih banyak sehingga “bye-bye” foto gelap dan blur di dalam ruangan. Selain itu, untuk mengabadikan landscape, Galaxy J5 memiliki lensa wide yang dapat meng-capture pemandangan dengan lebih baik.

    Lensa Wide Samsung J5
    Lensa wide meng-capture lebih luas
  • Quick Launch Camera

    Kamera dengan segudang fitur menarik dan hasil yang memuaskan, tapi tertinggal momen berharga karena RIBET membuka smartphone dalam posisi layar terkunci? #jleebb

    Samsung Galaxy J5 membuang jauh-jauh si-“layar terkunci” yang bikin RIBET ini dengan menyematkan fitur Quick Launch Camera.

    Dengan menekan tombol “home” dua kali, kita bisa langsung mengakses kamera walaupun kondisi smartphone dalam keadaan terkunci. Tidak akan ada lagi momen terlewatkan, tekan 2x tombol home, langsung tekan shutter dengan auto-fokus yang cepat, momen saya terekam dengan baik di Galaxy J5 saya.

Samsung Galaxy J5 memang dapat memenuhi kebutuhan saya untuk traveling tanpa RIBET. Saya bisa mengabadikan semua momen berharga dengan Rear ataupun Front Camera.

Cukup masuk di saku baju atau celana, saya bisa melenggang bebas menikmati liburan saya, mengabadikan momen dan keindahan alam dengan quick launch camera dan langsung memamerkannya di social media saya.

 

sAMOLED Screen

Sudah cukup puas dengan fitur kamera diatas sebelumnya?

Tak hanya fitur kamera yang mumpuni, Samsung Galaxy J5 sudah menyematkan satu lagi keunggulan layar yang hanya dimiliki oleh produsen sekelas Samsung, yaitu sAMOLED Screen.

Sebagai seorang travel blogger yang suka jeprat-jepret dimanapun, saya sangat berpegang pada keindahan indera penglihatan atau dengan kata lain memanjakan sang mata. Nah, dengan adanya teknologi sAMOLED Screen ini menjadi semakin menambah kenyamanan saya yang menyukai traveling dan fotografi.

Hasil foto-foto dengan kamera canggih J5 bisa dilihat dengan warna-warni yang tajam dan lebih hidup. Layar smartphone ini benar-benar memanjakan mata saya, contohnya saja foto di Pulau Peucang yang saya ambil di Ujung Kulon saat siang hari, contrast warnanya benar-benar bagus, warna pasir putih, hijau pepohonan, biru laut dan langit tersaji dengan indahnya di layar J5.

Begitupun saat saya mengambil foto sunset, gradasi warna senja terlihat halus sekali. Dengan J5 pokoknya aktivitas memotret sangat menyenangkan karena kamera smartphone beresolusi tinggi didukung dengan teknologi canggih layar sAMOLED, semua foto jadi terlihat indah di layar J5.

sAMOLED Screen Samsung Galaxy J5
Kontras warna yang tajam berkat sAMOLED screen
Sunset di Pulau Peucang dengan Samsung Galaxy J5
Sunset di pulau Peucang diabadikan dengan Samsung Galaxy J5

sAMOLED Screen ini juga memudahkan saat menatap layar di terik matahari dengan tersedianya fitur pengaturan “outdoor” sehingga kita bisa menatap layar smartphone dengan nyaman tanpa terganggu bayangan atau glare saat berada di luar ruang. Tidak ada lagi memicingkan mata atau lari-lari ke bawah pohon hanya untuk melihat hasil foto.

Outdoor Mode Samsung Galaxy J5
Sangat nyaman melihat layar dibawah terik matahari dengan mode Outdoor

Selain memotret, aktivitas lain seperti browsing, main game, berkutat dengan Instagram ataupun streaming video pastinya lebih menyenangkan karena disajikan dengan jernih dan tajam oleh Samsung Galaxy J5.

Saat browsing lokasi wisata baru, begitu melihat tampilan fotonya di layar J5 pasti langsung tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Begitupun saat mengupload foto-foto ke Instagram, rasanya saat menatap hasil jepretan saya di layar J5, layak disejajarkan dengan maestro-maestro fotografer landscape :p #garukgaruktembok

Streaming Video di Samsung Galaxy J5
Streaming video dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam

 

Power Saving Mode

Pertanyaan lain pasti muncul setelah melihat ketajaman dan terangnya warna layar Samsung Galaxy J5.
“Baterainya cepat habis ga ya??”

Samsung selalu menjawab semua pertanyaan dan keraguan konsumennya, ini calon pacar yang baik.

Dengan fitur Power Saving Mode bisa memperpanjang waktu baterai menyala hingga 2 jam lebih lama dari mode standar. Butuh waktu yang lebih lama? Aktifkan fitur Ultra Power Saving Mode yang bisa memperpanjang “nyawa” Smartphone hingga 2 kali lipat.

Power Saving Mode
Perbandingan daya Baterai dengan mode standar, Power saving dan Ultra Power Saving

Saat liburan di Pulau Peucang yang notabene langka sinyal dan langka listrik (bukan hanya Badak saja yang langka), saya mengaktifkan Ultra Power Saving Mode dan tetap menggunakan J5 untuk berfoto. Gawai saya ini awet seharian tanpa harus membawa powerbank untuk menyambung nyawa.

 

Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G (Fourth Generation Technology) LTE (Long Term Evolution) memungkinkan kecepatan tinggi pada saat browsing ataupun streaming video sehingga tidak ada lagi momen “patah-patah” pada saat sedang menonton video.

Seketika itu juga dengan meng-upload foto-foto langsung ke social media dan ber-haha-hihi, ber-chatting ria tanpa ada alasan “Gw ga ada sinyal” Ya, karena kini jamannya 4G LTE.

 

Dual Sim On

Dengan dual sim on, Galaxy J5 membantu meringkaskan barang bawaan, sudah tidak asing kalau belakangan ini banyak orang menenteng 2-3 piranti selular, tapi dengan J5 dapat membantu meringankan beban bawaan apalagi bagi yang senang traveling.

Ibaratnya untuk pakaian dalam saja kalau bisa dipakai side A—side B untuk meringankan bawaan (bukan saya yang seperti ini :p). J5 dapat mengaktifkan 2 nomor sekaligus dalam 1 piranti, jadi tak apalah membawa pakaian dalam lebih karena beban lainnya sudah diringankan oleh Samsung Galaxy J5 hehe.

Samsung Galaxy J5 dengan harga hanya Rp 2.799.000,- benar-benar memenuhi segala kebutuhan saya akan sebuah Smartphone yang layak dijadikan “teman traveling“ dan bikin ga RIBET.

Kualitas kamera yang tidak usah diragukan lagi, kualitas layar yang tajam dengan warna yang lebih hidup, jaringan 4G yang cepat dengan dual sim aktif bersamaan

Saya bisa mengatakan J5 = Juaranya untuk Jalan-Jalan Jeprat-Jepret.

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply