Dewarna Hotel, Pilihan Tepat Saat Berkunjung ke Bojonegoro

Tak pernah terpikir awalnya bagi saya untuk mengunjungi Bojonegoro. Kota di Jawa Timur yang secara letak malah lebih mendekati perbatasan ke Jawa Tengah. Namun melihat postingan salah satu anggota Travel Blogger Indonesia, Mas Edy yang sering memosting keindahan alam Bojonegoro akhirnya saya tergerak untuk menyambangi kota dengan cadangan minyak bumi terbesar di Indonesia. Alam Bojonegoro masih sangat alami dan yang pasti belum ramai disesaki pengunjung. Kelebihan tersendiri untuk saya yang tidak terlalu menggemari keramaian. Di kotanya sendiri cukup ramai dengan adanya alun-alun, jajanan kaki lima bahkan mobil gowes warna warni seperti di Jogjakarta. Lalu masalahnya, apakah ada hotel yang baik secara fasilitas dan servis untuk tinggal selama 3 hari saya mengeksplor Bojonegoro?

Adalah Dewarna Hotel Bojonegoro, yang terletak di jalan Veteran nomor 55. Hotel berbintang 3 yang menurut saya melampaui ekspektasi. Secara letak, Dewarna berada di pusat kota. Bersebelahan dengan salah satu supermarket terbesar di Bojonegoro, KDS. Dengan berjalan kaki tak lebih dari 5 menit, ada Go Fun, taman hiburan dengan wahana seperti roller coaster dan kincir raksasa. Lalu bagaimana dengan fasilitasnya?

Tampak muka
Tampak muka

Lobby

Luas dan ceria. Itu yang tersirat pertama kali bagi saya. Front desk berwarna merah menyala. Di sisi berseberangan terdapat cukup banyak bangku untuk menunggu proses check in. Keramahan khas Jawa terasa kental dari pelayanan yang diberikan oleh staff receptionist. Senyum selalu mengembang dengan logat halus khas Jawa, sangat menyenangkan. Saat malam, suasana di Lobby lebih ceria dengan permainan lampu yang berpendar hangat. Di sisi kanan Lobby juga terdapat internet corner. Walaupun hanya 1 unit komputer, tapi ini merupakan upaya Dewarna Hotel Bojonegoro untuk memenuhi segala kebutuhan tamu dengan sangat baik. Tak banyak hotel berbintang 3 yang peduli akan hal-hal kecil seperti ini.

De Colour Resto

Di lantai yang sama, masih dengan konsep berwarna warni ceria, terdapat restoran yang beroperasi hingga malam. Saat pagi hari, De Colour berfungsi sebagai area sarapan. 2 hari saya di sana mendapati 3 jenis menu utama, roti lengkap dengan toaster serta kudapan tradisional dan menu ini berganti setiap harinya namun dengan komposisi yang sama. Teh, kopi, infused water atau sirup, free flow untuk tamu hotel. Untuk makan siang dan malam bisa memesan langsung dengan pilihan menu yang lebih menitik beratkan pada ragam kuliner lokal dan chinese food.

De colour resto
De colour resto
Melayani makan pagi, siang dan malam
Melayani makan pagi, siang dan malam

Keputusan jitu dari Dewarna, dengan fokus kepada 2 jenis kuliner tersebut, secara kualitas rasa
saya sangat puas dengan beragam kuliner yang ditawarkan. Favorit saya adalah Nasi Goreng Bakar. Nasi goreng yang dibakar di dalam gulungan daun pisang dengan lauk ayam bakar sebagai pelengkap. Selain itu, Asam-Asam Daging Daun Kedondong juga tak boleh dilewatkan. Kuliner khas Bojonegoro ini memiliki rasa asam segar dengan irisan daging sapi yang empuk.

Asam asam daging daun kedondong
Asam asam daging daun kedondong

Baca juga : Negeri di atas angin, wisata  alam Bojonegoro

Kolam Renang, Fitness Center dan Spa

Jarang sekali saya menemukan hotel berbintang 3 dengan fasilitas selengkap ini. Kolamnya, bukan sekadar kolam rendaman kaki, ukurannya cukup luas bahkan ada area untuk kolam anak sedalam 60 cm. Kolam ini juga dibuka untuk umum dengan membayar Rp 25.000,- untuk handuk dan sebotol air mineral.

Kolam renang dibuka untuk umum
Kolam renang dibuka untuk umum
Kolam luas terbagi untuk anak dan dewasa
Kolam luas terbagi untuk anak dan dewasa

Fitness center tersedia dibagian belakang hotel. Alatnya memang tak banyak namun cukup memadai untuk keperluan kardio ataupun angkat beban. Mungkin kedepannya pihak hotel akan menambahkan beberapa alat lagi karena ruangan fitness centernya cukup luas :). Untuk spa memang tidak ada ruangan khusus. Spa dan massage disediakan dengan panggilan ke kamar.

Fitness center
Fitness center

Kamar

Saya mendapatkan kamar Deluxe Pool Access, kamar di lantai 1 dengan akses langsung ke kolam renang. Sekadar mengingatkan, pintu tembus menuju kolam renang ini memiliki sistem auto lock. Kejadian memalukan karena saya terlalu excited dengan kamar luas dengan akses kolam. Masuk kamar, saya langsung mengunci pintu depan lalu membuka pintu tembus ke kolam. Dengan santainya saya berjalan menuju kolam diiringi bunyi “klik” pintu saya terkunci. Untungnya saya masih berpakaian lengkap jadi bisa segera ke lobby meminta bantuan untuk membukakan pintu depan kamar saya. Celakanya, pintu depan sudah saya double lock sesaat sebelum saya terkunci. Alhasil pintu tembus harus sedikit dicongkel, walaupun tidak sampai merusak, staff hotel malah memohon maaf atas ketidaknyamanan karena kebodohan saya, malah membuat saya tidak enak hati berlipat ganda.

Selain tipe kamar Deluxe Pool Access, Dewarna Hotel Bojonegoro memiliki 6 tipe kamar lainnya yaitu standart, superior, moderate, deluxe, junior suite, dan suite. Yang unik, jika hotel lain menggunakan bed cover putih polos, di Dewarna menggunakan bed cover bermotif batik. Tiap kamar pun menggunakan corak batik yang berbeda-beda. Tak dinyana ini salah satu upaya pemilik hotel untuk melestarikan warisan bangsa.

Tipe kamar lain
Tipe kamar lain

Ballroom dan Meeting Room 

Fasilitas lainnya adalah Vermilion ballroom berkapasitas 700 orang dan dua tipe meeting room, yakni Jasmine dan Rose. Jasmine merupakan aula serbaguna dengan interior modern, berkapasitas 200 orang, terdiri atas dua ruangan. Dengan sistem partisi rolling door, ruangan ini dapat dimodifikasi menjadi dua ruangan, Jasmine 1 dan Jasmine 2. Sedangkan Rose merupakan ruangan yang didesain ekslusif dengan kapasitas sampai 60 orang.
 Kedepannya mungkin wisatawan akan merambah ke kota-kota yang sebelumnya tenggelam termakan gaung destinasi wisata kota-kota besar lainnya. Salah satunya Bojonegoro. Saya benar-benar jatuh hati
dengan kondisi yang masih sangat alami dan beruntungnya saya bisa menikmati alam Bojonegoro saat masih sepi pengunjung. Untuk hotel, saya sangat merekomendasikan Dewarna Hotel Bojonegoro. Dengan bintang tiga saya benar-benar mendapatkan fasilitas hotel berkelas. Pelayanan dari staffnya pun menunjukkan profesionalisme, penuh senyum dan santun. Bojonegoro Matoh, Dewarna Keceh !!

Catatan C4ME:

1. Dewarna berjarak 3 jam dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya
2. Dewarna sempat mengalami renovasi dan perluasan lahan. Saat ini proses renovasi masih berlangsung untuk menambah kamar dengan tipe suite yang memiliki ruang tamu dan kamar terpisah
3. Dewarna bisa menyediakan transport untuk ke lokasi wisata seperti Api Abadi atau Negeri Atas Angin
dengan booking kendaraan terlebih dahulu
Dewarna Hotel & Convention Bojonegoro
Jl. Veteran 55, Bojonegoro, Jawa Timur
Telp (0353) 341 22 22, 0822 3248 0033
Email : info@dewarnahotelbojonegoro.com
www.dewarnahotelbojonegoro.com
Instagram : @dewarnahotelbjn
About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
6 Responses

Leave a Reply