eL Royale Hotel Bandung, hotel bersejarah di pusat Bandung

Mungkin setahun yang lalu ketika saya berjalan kaki di Asia Afrika dan cukup terpukau dengan bangunan eL Royale Hotel Bandung. Menurut cerita kawan-kawan di Bandung, hotel ini termasuk salah satu hotel bersejarah. Yang justru semakin menarik perhatian saya adalah karena bangunannya yang masih sangat terawat. Ternyata memang ada pergantian pemilik sehingga ada peremajaan di sana sini untuk membuat eL Royale Hotel Bandung tak kalah tampilannya dengan hotel-hotel yang baru berdiri. Kebetulan beberapa minggu lalu saya berkesempatan menghabiskan akhir pekan saya di hotel ini dan memang benar, hotel ini besar dan megah mulai dari lobby hingga ke restorannya yang dinobatkan sebagai restoran tertinggi di Bandung.

Lobby

Saya kagum dengan lobby eL Royale Hotel Bandung. Mungkin karena hotel ini termasuk hotel bersejarah sehingga masih “menganut” interior lobby-lobby hotel dahulu kala yang cenderung besar, luas dan megah. Berbeda dengan hotel-hotel “kekinian” yang minimalis modern. Memasuki pintu utama, langsung disambut tangga yang memecah kanan dan kiri menuju ke lantai 2. Lantai tempat meeting room dan ballroom. Di sebelah kanannya terdapat meja resepsionis melingkar. Yang menarik adalah jajaran puluhan bahkan mungkin ada sekitar 100 wayang yang berjajar rapi di belakang area resepsionis. Di area yang sama pula tersebar beberapa sofa untuk menunggu check-in/check-out atau menerima tamu. Jika perlu tempat yang lebih nyaman ada lobby lounge di sisi kanan resepsionis yang dilengkapi dengan mini bar. Lobby loungenya sangat nyaman dengan banyak sofa, 1 grand piano dan ada live music di hari-hari tertentu.

Lobby lounge
Lobby lounge

Di area lobby ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain seperti ruangan business center yang dilengkapi dengan 2 komputer dan mesin print. Galeri ATM, buat saya ini plus poin karena terkadang kita susah menemukan mesin ATM di sekitar lingkungan hotel. Selain itu ada pula mini market sehingga memudahkan tamu berbelanja kebutuhan seperti air mineral, makanan ringan atau kebutuhan mandi.

Business center
Business center
ATM center
ATM center
eL Shop
eL Shop

Pakuan Café

Restoran ini terletak berseberangan dengan Lobby lounge. Buka dari pukul 6 pagi, Pakuan café melayani makan pagi, siang dan malam. Satu kata untuk makan pagi di sini, SERU!! Okupansi yang tinggi membuat jam-jam sarapan dipenuhi oleh tamu hotel, bahkan ada waiting list untuk sarapan. Hebatnya, staff-staff sigap mengganti dan mengisi kembali makanan dan minuman yang habis. Jadi walaupun penuh, makanan dan minumannya akan selalu terisi.  Menunya pun sangat beragam dari menu lokal hingga internasional. Siang dan malam harinya Pakuan Café melayani makan siang dan malam dengan menu-menu Ala Cartenya. Harganya cukup terjangkau untuk kelas hotel berbintang 4. Saat tak dipadati tamu, baru terasa suasana klasik yang sangat kental di Pakuan Café.

Furama Resto

Bagi pecinta chinesse food pasti sudah tak asing dengan Furama, restoran yang menyajikan cita rasa Asia lengkap dengan Dimsumnya. Restoran ini terletak di lantai dasar. Akses masuknya ada 2, 1 langsung dari drop off menuju ke Furama atau dari dalam area lobby hotel. Restoran ini juga terbagi menjadi 2 lantai, lantai 1 untuk dining area sementara di lantai 2 terdapat beberapa ruang VIP untuk mengadakan pesta atau jamuan makan yang bersifat lebih pribadi. Saya sempat mencicipi beberapa menu ala cartenya, seperti Bebek Panggang, Ikan Gurami dengan saus kecombrang yang nikmat, Udang dan menu tahu berbalur rumput laut yang lembutnya luar biasa.

Tak ketinggalan Dimsumnya yang luar biasa nikmat, favorit saya adalah Xiao Long Bao yang “meledak” ketika digigit. Isiannya berupa kaldu ayam meleleh begitu digigit. Satu lagi adalah bakpao Hello Kitty. Bukan sok imut tapi bakpao berisi telur asin ini harus banget di coba.

Health Center

Di lantai 3 Bangunan eL Royale bisa saya kategorikan sebagai pusat kebugaran, di lantai ini terdapat kolam renang, fitness center, Spa sekaligus salon dan lapangan futsal. Kolam renangnya memiliki 3 bagian, 1 kolam dewasa yang ternyata dibagian tengah memiliki kedalaman mencapai 2 meter, 1 kolam anak dan 1 kolam yang berisi air hangat. Jarang sekali hotel di pusat Kota Bandung yang menyediakan kolam air hangat. Saat memasuki musim hujan seperti saat ini, berendam pagi-pagi sangat nikmat sambil menikmati suasana Bandung. Di tepi kolamnya terdapat cukup banyak kursi mengingat menjelang sore, sudah hampir pasti kolam ini dipenuhi tamu-tamu keluarga yang menginap di eL Royale Hotel Bandung. Menjelang malam, area tepi kolam “disulap” menjadi pool terrace. Saat ini sedang berlangsung promo BBQ night setiap hari Sabtu dengan harga Rp  140.000 per orang. Tepat bersebelahan dengan pool terrace ada lapangan futsal yang lebih sering digunakan saat ada corporate event. Jika tidak sedang digunakan, ada kids area untuk bermain di dalam area futsal.

Lapangan futsal sekaligus area bermain anak
Lapangan futsal sekaligus area bermain anak

Fitness center di sini menurut saya memiliki alat yang cukup lengkap, ruangannya pun tak sempit sehingga cukup nyaman berolahraga di sini. Di jam operasionalnya juga ada pengawas atau personal trainer yang siap membantu dan berkonsultasi kecil tentang dunia kebugaran.

Fitness center
Fitness center

Selesai mengolah tubuh, di sampingnya terdapat ruang spa yang menyatu dengan salon. Di salonny, tamu bisa melakukan perawatan rambut dan kuku. Sementara di ruang spa, bisa menikmati layanan seperti traditional massage, scrub baik secara individu ataupun untuk pasangan. Asyiknya spa di sini, ruangannya terbilang cukup besar dilengkapi dengan bathtub dan standing shower sekaligus, jadi selesai perawatan tamu-tamu bisa langsung berbilas dan kembali ke kamar atau langsung melanjutkan aktivitas lainnya.

Salah satu ruang spa
Salah satu ruang spa

Meeting Room dan Ballroom

Semua function room ini terletak di lantai 2 sehingga tidak menganggu tamu hotel yang menginap, pun yang sedang mengadakan acara tidak terganggu dengan tamu hotel yang lalu lalang dengan pakaian santainya. Total ada 12 meeting room dengan berbagai macam ukuran yang bisa dipilih dan ditata sesuai kebutuhan. Mulai dari kapasitas 10 orang hingga ratusan. Sementara untuk ballroomnya terdiri dari 5 ruangan yang bisa digabung menjadi grand ballroom dengan kapasitas mencapai 2000 orang.

Sky Lounge

Dinobatkan sebagai restoran tertinggi yang ada di Kota Bandung. Dari lantai 19, Sky Lounge menawarkan pemandangan Kota Bandung dan Gunung Tangkuban Perahu. Area ini bisa berfungsi sebagai area sarapan pagi untuk tamu-tamu yang menginap di kamar suite. Selebihnya, Sky Lounge bisa digunakan oleh semua tamu hotel untuk menikmati makan siang, malam atau sekadar ngopi-ngopi sore dan menikmati cocktail hingga malam hari. Sky Lounge terdiri dari 2 lantai, di lantai 19 lebih kepada dining area yang dipenuhi dengan meja-meja makan berkapasitas 2 hingga 10 orang lebih. Sementara di lantai 20 nya lebih kepada lounge untuk bersantai dengan sofa. Menyenangkan sekali berbincang-bincang sore di sini, suasananya tenang lengkap dengan pemandangan Kota Bandung. Sesekali kita juga bisa melihat lalu lalang pesawat yang terasa begitu dekat.

Sky lounge lantai 20
Sky lounge lantai 20

Baca juga : Curug melelahkan namun indah

Room

eL Royale memiliki total sekitar 400an kamar yang terpisah di Tower Condotel dan Tower Merdeka. Dengan beberapa tipe pilihan, eL Royale mampu memfasilitasi segala kebutuhan tamunya mulai dari tamu keluarga yang berlibur atau tamu yang dalam perjalanan bisnis. Saya menempati kamar Condotel Studio yang berukuran 34 meter persegi. Di dalam kamar terdapat mini pantry, meja kecil untuk makan, area kerja yang cukup luas lalu 1 sofa bed yang bisa dijadikan juga sebagai extra bed. Kamar mandi di tipe Condotel Studio sudah dilengkapi dengan bathtub.

Kamar-kamar tipe lainnya seperti Merdeka room memiliki interior yang hampir mirip dengan Condotel Studio hanya sedikit lebih kecil. Ada beberapa tipe kamar pula yang dilengkapi dengan living room, pantry dan memiliki 2 kamar. Kamar tipe ini sangat pas untuk keluarga sehingga bisa tetap berkumpul dalam satu ruangan. Yang menarik adalah kamar tipe Condoloft. Bentuknya memang mirip dengan apartemen 1 kamar tapi terdiri dari 2 lantai. Kamar ini sangat cocok untuk yang long stay untuk keperluan bisnis. Di lantai 1 terdapat living room dan dining area sementara di lantai 2 khusus untuk area tidur dan area untuk bekerja. Kamar mandi pun ada di masing-masing lantai sehingga jika harus menerima tamu, privasi area tidur sangat terjaga.

Ros Executive
Ros Executive
Kamar dengan 2 lantai
Kamar dengan 2 lantai

Secara keseluruhan saya sangat terpukau dengan eL Royale Hotel Bandung, hotel bersejarah yang berada di tengah Kota Bandung. Lobbynya yang megah, ukuran kamar yang luas, sarapan pagi dengan menu yang sangat banyak, Sky lounge restoran tertinggi di Bandung dan segudang fasilitas lainnya membuat saya tak ragu untuk merekomendasikan eL Royale Hotel Bandung.

eL-Royale Hotel Bandung
Jl. Merdeka No. 2 Bandung 40111
Telp 022 4232286
Fax. 022 4231583
Reservation.bdg@el-hotels.com
www.el-hotels.com

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
2 Responses

Leave a Reply