El Royale Hotel Banyuwangi pilihan tepat saat berkunjung ke Banyuwangi

Banyuwangi…dulu mungkin hanya Ijen dan Baluran yang bisa tercetus saat orang menanyakan tentang “ada apa di Banyuwangi”. Memang 4/5 tahun lalu saat saya mengunjungi Ijen, Banyuwangi hanya kota kecil tak bersinar diapit kota-kota besar di Jawa Timur. Bahkan saya harus bermalam di luar wilayah Banyuwangi karena tidak ada satu hotel pun saat itu. 5 tahun berselang, Banyuwangi kini bagai bunga yang sedang mekar-mekarnya. Beragam festival berderet antri dari awal tahun hingga akhir tahun. Tentunya perkembangan ini juga diikuti dengan munculnya hotel-hotel dari yang bertaraf homestay hingga hotel berbintang. Salah satu hotel berbintang yang sangat saya rekomendasikan saat Anda berkunjung ke Banyuwangi adalah El Royale Hotel Banyuwangi.

Tampak muka
Tampak muka

El Royale Hotel Banyuwangi hanya berjarak 15 menit dari bandara Banyuwangi…ya kini Banyuwangi sudah punya bandara sendiri. Bahkan bandara kecil ini juga melayani penerbangan internasional ke negara tetangga. El Royale Hotel Banyuwangi terletak di jalan raya Jember KM 7. Tak sulit menemukan hotel ini. Di depan terdapat patung penari Gandrung yang cukup besar. Katanya, nanti di area ini akan menjadi pusat keramaian dari Banyuwangi. Akan ada perumahan, pusat hiburan dan water park yang menyambung ke tepi pantai.

LOBBY

Memasuki gerbang El Royale Hotel Banyuwangi, terlihat sangat asri dengan unsur tradisional yang kental. 2 patung penari Gandrung kembali menyambut di sisi kiri dan kanan. Lobbynya memiliki langit-langit sangat tinggi bertema pendapa Jawa yang ditopang oleh 4 tiang. Dari atas langit-langit menggantung lampu tradisional yang dirangkai seperti chandelier. Di lantainya dipenuhi dengan tegel bermotif Gajah Oling. Gajah (maha besar) Oling/Eling (mengingat), motif khas Banyuwangi yang bermakna agar tetap mengingat kepada kebesaran Allah. Di area Lobby Lounge cukup banyak disediakan sofa plus meja. Sangat nyaman duduk-duduk di area ini, sekadar menunggu proses administrasi selesai atau pun menikmati semilir angin sore.

Lampu gantung di lobby
Lampu gantung di lobby

GANDRUNG LOUNGE

Jika Anda ingin lokasi yang lebih formal dan santai, di area lobby terdapat Gandrung Lounge yang menyediakan berbagai macam minuman, dari tradisional hingga minuman beralkohol.

Ada 2 area indoor dan outdoor. Area indoor memiliki beberapa sitting area dengan sofa dan area bar, sementara untuk outdoor adalah area untuk perokok. Jangan khawatir, jika biasa area perokok kadang dibuat ala kadarnya, di Gandrung Lounge tetap nyaman karena berhadapan langsung dengan area hijau yang asri dan rindang. Selain minuman, di sini juga menyediakan kudapan seperti slice cake dengan banyak ragam dan macaroon yang wajib untuk dicoba.

IJEN RESTAURANT

Melewati selasar hijau menuju ke area dalam hotel, di sebelah kirinya berbatasan langsung dengan Ijen Restaurant yang melayani makan pagi hingga malam hari. Masih dengan unsur tradisional, motif tegel Gajah Oling memenuhi hampir seluruh lantai ruangan resto. Areanya sangat luas sehingga cukup nyaman meskipun ketika dalam kondisi penuh. Kembali untuk memanjakan para perokok, ada 2 area outdoor di sini. Yang pertama menghadap ke taman dan kolam, sementara yang lainnya menghadap ke kolam renang.

Makan pagi di sini bisa dinikmati mulai pukul 6 pagi. Menunya sangat-sangat beragam mulai dari lokal, asian hingga western. Yang menarik, ada sudut yang menyajikan menu-menu tradisional menggunakan bale ala pedagang kaki lima. Di sini menyajikan jajanan pasar, menu utama macam nasi tempong dan minuman jamu. Menu ini pun berganti setiap harinya. Yang menarik, khusus untuk tamu hotel bisa mereservasi untuk Breakfast on bed bagi yang malas beranjak dari kamar atau floating breakfast bagi yang ingin sedikit eksis di social medianya 🙂

Untuk menu ala carte makan siang dan malam, El Royale Hotel Banyuwangi mampu menyuguhkan menu hotel dengan harga yang sangat murah menurut saya. Sebagai contoh, menu Ayam Geprek hanya dibanderol dengan harga Rp 30.000,-. Specialty dari Ijen Restaurant memang terletak pada menu-menu nusantaranya, jadi pastikan untuk mencicipi ketika sedang menginap di El Royale Hotel Banyuwangi.

ROOM

Tak banyak tipe kamar di El Royale Hotel Banyuwangi, Deluxe, Junior Suite, Royal Suite dan Villa. Untuk tipe Deluxe memiliki ukuran yang cukup luas (30 meter persegi). Meskipun hanya di kelas Deluxe tapi semua kamar di sini memiliki area balkon, khusus untuk yang di lantai 1 malah memiliki akses langsung ke kolam renang. Interior kamarnya memadukan unsur modern, minimalis dan etnik. Yang saya suka, pada bagian headboard setiap kamar menampilkan foto-foto Banyuwangi dalam balutan warna hitam putih. Sebuah informasi menarik bagi yang baru pertama kali ke Banyuwangi karena bisa mendapatkan gambaran tentang destinasi wisata di Banyuwangi.

Untuk tipe kamar Junior Suite, yang menjadi favorit saya karena peletakan sofa, dining table dan kasur dalam satu ruangan namun masih terlihat lapang. Terlebih lagi posisi Kasur yang menghadap langsung ke balkon, jadi menjelang sore tinggal membuka pintu balkon bisa menikmati matahari terbenam dari dalam kamar. Junior suite juga sudah dilengkapi dengan bathtub untuk kamar mandinya.

Royale Suite terletak di lantai 4 bangunan hotel. Kamar tipe ini memiliki 2 akses, 1 langsung menuju ruang tidur, 1 pintu lagi khusus untuk tamu masuk ke area living room, dining room dan area kerja.

Sementara untuk villa, yang diberi nama Osing, memiliki 7 bangunan villa yang ditata di tengah taman yang asri. Villa di El Royale Hotel Banyuwangi membawa suasana ‘resort’ yang identik dengan bukaan luas pada bangunan yang langsung menghadap ke taman. Kamar mandinya pun memiliki pintu yang dapat dibuka menuju area taman. Tipe Villa ini sangat cocok untuk keluarga kecil karena bisa menambahkan extra bed tanpa membuat ruangan menjadi sempit.

POOL, GYM & SPA

Kolam renang El Royale Hotel Banyuwangi terletak sebagai pusat dari bangunan hotel. Ukurannya cukup luas dengan dikelilingi area hijau. Di tepi kolam cukup banyak disediakan lounger chair untuk berjemur atau mengawasi anak-anak berenang. Kolamnya sendiri terbagi menjadi 2 bagian, kolam dewasa dan kolam anak. Jadi relatif aman jika membiarkan anak-anak bermain karena antara kolam dewasa dan anak dibatasi dengan taman. Selain itu ada pula area bermain anak dengan kursi ayun plus slider.

Bagi yang gemar olahraga, pasti senang dengan ruang gym di El Royale Hotel Banyuwangi. Ruangannya cukup luas dengan beberapa alat kardio dan angkat beban. Jendela-jendela besar dan cermin membuat ruang gym ini semakin terlihat lapang. Enaknya, di dalam tersedia kamar mandi dan toilet terpisah untuk pria dan wanita. Jadi selesai gym bisa langsung berbenah dulu.

Ruang gym
Ruang gym

Selesai berolahraga, silakan menikmati layanan spa dari eL Spa. Terdapat 3 ruangan dengan 1 ruangan yang dilengkapi dengan bathtub. Tamu-tamu bisa memilih beberapa treatment yang telah disediakan. Selain di ruangan eL Spa, layanan ini juga bisa dinikmati di kamar untuk yang menginginkan privasi.

EXECUTIVE LOUNGE

Fasilitas ini terletak di lantai 4 sehingga memiliki pemandangan hampir 360 derajat yang indah, apalagi menjelang sore hari. Mungkin karena mayoritas pengunjung El Royale Hotel Banyuwangi adalah keluarga dan korporat, Executive lounge ini jarang dikunjungi tamu. Padahal, fasilitas ini dibuka untuk umum. Di sini kita bisa memesan makanan dan minuman, bersantai sambil menikmati alunan musik. Coba saja datang ke Executive Lounge menjelang pukul 6 sore. Nikmati pemandangan saat matahari mulai tenggelam. Bagi pasangan pun bisa mengadakan candle light dinner di sini dengan reservasi terlebih dahulu.

Sangat nyaman menghabiskan malam di sini
Sangat nyaman menghabiskan malam di sini
Candle light dinner
Candle light dinner
Menyediakan minuman beralkohol
Menyediakan minuman beralkohol

MEETING ROOM & BALLROOM

El Royale Hotel Banyuwangi memiliki 6 meeting room dan 1 ballroom. Plus poin nya, semua function room ini terletak di bangunan berbeda tapi tetap terkoneksi ke area hotel. Jadi privasi tamu-tamu tidak terganggu dengan lalu lalang tamu pengguna function room dan pengguna function room juga tidak terganggu dengan kegiatan tamu hotel. Lahan parkir yang cukup luas juga tersedia langsung di depan bangunan function room. 6 meeting room Sri Tanjung, dengan berbagai macam ukuran dapat menampung 20 hingga 100 orang dalam satu ruang dengan penataan bangku yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara untuk ballroomnya sendiri, Blambangan Ballroom mampu menampung hingga 1000 orang.

Secara keseluruhan El Royale Hotel Banyuwangi sangat nyaman dan bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung ke Banyuwangi. Lingkungan hotel sangat luas sehingga tidak membosankan. Lingkungan juga cukup asri dengan banyak bukaan, terkesan mirip di Bali suasananya. Ukuran kamar cukup luas, fasilitas lengkap. Tak perlu repot untuk urusan makan karena harganya sangat-sangat bersahabat.

CATATAN C4ME :

  1. El Royale Hotel Banyuwangi bekerja sama dengan penyedia tur lokal untuk trip explore Banyuwangi
  2. Di dalam area hotel terdapat eL Shop, mini market yang menjual makanan ringan, obat-obatan dan kebutuhan harian seperti sabun/pasta gigi.
eL Royale Banyuwangi
Jl. Raya Jember KM 7 Pakistaji, Dusun Krajan, Dadapan, Kabat,
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461
Telepon: (0333) 3382999
About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply