Swiss Belhotel Segara, Hotel bernuansa tropis di Nusa Dua-Bali

Deretan hotel-hotel berbintang 5 kami lewati begitu memasuki kawasan Nusa Dua. Hingga akhirnya kendaraan kami berbelok tepat di jalan yang memiliki petunjuk Swiss Belhotel Segara. Akses masuknya terawat rapi walaupun masih harus melewati beberapa rumah warga. Tak jauh dari mulut jalan utama, bangunan setinggi 4 lantai menyambut saya. Memang tak begitu tinggi tapi Swiss Belhotel Segara punya area yang melebar. Jika dilihat dari atas, bangunannya berbentuk L dengan 2 kolam di sisi kanan dan kirinya. Salah satu staff sigap membukakan pintu, melempar senyum dan salam serta sigap menurunkan barang bawaan kami.

Area resepsionis
Area resepsionis

Kesan pertama saya adalah “adem banget”. Lobby yang luas ini memiliki bukaan di kanan kirinya sehingga angin berhembus memenuhi area lobby. Area resepsionis terletak sedikit masuk dari area drop off. Berseberangan dengan resepsionis ada beberapa sofa yang untuk menunggu proses check in. Terkadang karena di sini cukup nyaman dengan hembusan angin sejuknya, tak sedikit tamu-tamu hotel yang tinggal cukup lama di sini memanfaatkan area duduk ini untuk bersantai sambil membaca buku. Masih di area yang sama juga terdapat Lobby lounge yang menyajikan minuman-minuman khas Swiss Belhotel Segara. Di sini juga para tamu bisa mengambil welcome drink, complimentary dari Swiss Belhotel Segara. Proses check-in berlangsung cepat, saya mendapati kamar tipe Laguna pool access, jadi saya harus turun 1 lantai dari area lobby untuk menuju ke kamar. Saya suka dengan selasar menuju kamar karena ada bukaan di tiap ujung selasar sehingga angin berhembus sejuk. Intinya, suasana tropis sangat kental terasa di hotel ini.

Lobby Lounge
Lobby Lounge
Menyajikan minuman khas Swissbel Segara
Menyajikan minuman khas Swiss Belhotel Segara

Kamar saya memiliki sofa one seater di samping kasur dan area kerja yang cukup nyaman dengan meja memanjang yang berfungsi juga untuk meletakan barang-barang. Untuk kamar mandinya, memiliki bathtub dengan jendela yang bisa dibuka langsung ke arah area tidur. Jadi bisa lah sambil mandi sambil nonton TV sekalian :p. Sekilas memang kamar Laguna ini seperti kamar hotel pada umumnya, yang membuatnya istimewa adalah di bagian belakang kamar ada beranda dilengkapi dengan 2 kursi santai dan kolam pribadi berukuran kecil yang bisa digunakan untuk sekadar berendam atau anak-anak bermain. Kolam kecil ini ditutupi rimbun pepohonan sehingga privasi tetap terjaga. Kamar ini semakin istimewa karena dari kolam kecil ini di antara pepohonan yang membatasi area kolam pribadi, ada celah kecil yang menyambung langsung ke kolam utama yang bernama ocean pool.

Swiss Belhotel Segara memang mempunyai keunggulan dari kolam renangnya. Ada 2 kolam renang yang mengapit bangunan kamar, Ocean pool dan Waterfall pool. Disebut ocean karena ukuran kolam di sini sangat luas dengan tepian yang meliuk-liuk serta ada beberapa pulau kecil di tengah kolam. Di tepinya juga banyak terdapat kursi malas untuk berjemur dan 1 pool bar. Bagi yang senang dengan aktivitas olahraga air, di sisi kiri kolam disediakan net untuk olahraga volley air. Di area Ocean pool juga terdapat 2 jacuzzi yang bisa digunakan tamu dengan konfirmasi terlebih dahulu kepada petugas jaga di area kolam. Sementara kolam kedua adalah Waterfall pool. Secara harafiah memang ada air terjun di sini. Mungkin setinggi bangunan 3 lantai, tapi memang tak deras sehingga tak menganggu kenyamanan pengunjung. Waterfall pool tak seluas Ocean pool namun memiliki dasar kolam yang berundak-undak sehingga lebih aman untuk anak-anak.

Waterfall pool
Waterfall pool

Fasilitas kebugaran yang ada di Swiss Belhotel Segara adalah Fitness dan Spa bernama Serene Spa & Wellness. Tidak seperti hotel-hotel lainnya yang hanya menyediakan ruangan kecil untuk spa, Swiss Belhotel Segara menyediakan lahan luas untuk 2 fasilitas ini. Bahkan area massagenya selain indoor ada pula yang outdoor. Ada 1 gazebo tertutup diperuntukan tamu 1 orang, sementara disampingnya ada gazebo terbuka yang bisa digunakan oleh 2 orang sekaligus. Dari area spa ini, tamu-tamu bisa mendengar gemericik suara air terjun yang berasal dari waterfall pool.

Area gym
Area gym
Spa di alam terbuka
Spa di alam terbuka

Sementara untuk tempat bersantap, ada Laguna Café yang terletak di area lobby. Restaurant ini punya 2 area indoor dan semi outdoor. Saya suka dengan suasana di semi outdoor yang sejuk dan memiliki view langsung ke waterfall pool. Laguna café melayani makan pagi, siang dan malam sekaligus. Untuk makan pagi, menunya lengkap dengan menu lokal dan western. Selain itu tamu juga bisa memesan menu ala carte untuk sarapan. Yang menarik adalah, Swiss Belhotel Segara menyiapkan floating breakfast untuk tamu-tamunya dengan kordinasi terlebih dahulu. 1 paket floating breakfast pun sudah lengkap dengan 2 porsi menu telur, kentang dan sosis.  Roti tawar dengan beberapa pilihan selai, 2 gelas juice serta 2 teko kopi dan teh.

Area resto yang luas
Area resto yang luas
Melayani makan pagi siang dan malam
Melayani makan pagi siang dan malam

Baca juga : Wisata Pantai Gunung Payung

Untuk menu makan siang hanya tersedia ala carte menu sementara malam hari tersedia pula buffet. Bagi yang pernah bermalam di Nusa Dua mungkin cukup paham bahwa agak sulit untuk mencari makan. Tak perlu khawatir, Swiss Belhotel Segara sepertinya mengerti betul akan hal ini. Menu yang ditawarkan sangat beragam mulai dari menu tradisional, Asian hingga Western. Harganya menurut saya masih standar sedikit di atas harga restaurant. Namun jangan protes dulu, tunggu saja begitu menu tersaji. Porsinya luar biasa besar. Sebagai contoh untuk seporsi Pork Rib dibanderol dengan harga 130.000,-/an tapi porsinya luar biasa banyak. Tak kurang ada sekitar 3-4 potong iga babi tersaji.

Swiss Belhotel Segara sangat tepat dijadikan pilihan bagi tamu yang mementingkan ketenangan dan malas untuk beranjak keluar dari area hotel. Areanya yang luas membuat tamu tak mudah bosan saat berada dalam lingkungan hotel. Jika sedikit jenuh, ada shuttle service yang bisa mengantarkan tamu ke Pantai Geger atau ke Bali Collection, pusat perbelanjaan. Fasilitas yang lengkap juga menjadi salah satu alasan mengapa tamu tak harus meninggalkan hotel. Belum lagi restaurant dengan menu-menu terjangkau nan lezatnya. Jadi Swiss Belhotel Segara adalah pilihan tepat untuk merelaksasikan diri, jauh dari keramaian dan menikmati pelayanan hotel yang sempurna.

Serasa tinggal di tengah perairan
Serasa tinggal di tengah perairan

Swiss Belhotel Segara Nusa Dua
Sawangan, Jalan Nusa Dua Selatan, Jalan Pura Segara, Benoa, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Telepon: (0361) 8468288

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply