Mercure Jakarta Sabang

Setiap kali ada acara yang mengharuskan saya ke pusat ibukota rasanya malas luar biasa. Sepertinya saya sudah resmi menjadi warga kota satelit di sekitar Ibukota yang enggan merambah macet apalagi saat akhir pekan.

Namun, bila ada acara yang mengharuskan saya berada di pusat ibukota saat akhir pekan, saya memilih untuk bermalam di salah satu hotel yang ada di daerah pusat. Daripada harus bolak balik menembus macet.

Pilihan saya jatuh kepada Mercure Jakarta Sabang, letaknya memang tak persis di pinggir jalan utama namun untuk saya ini justru menjadi alasan utama karena dapat dipastikan jalan di depan hotel tidak akan terlalu semrawut layaknya jalan utama.

 

Lobby Mercure Jakarta Sabang

Tak begitu banyak ornamen dan furniture di lobby, tepat beberapa langkah dari pintu masuk ada 2 meja resepsionis dengan konsep minimalis berwarna putih. Di sebelah kanan ada sofa oval yang mampu menampung beberapa orang sekaligus.

Disampingnya lagi, ada patung yang menyerupai batang pohon lengkap dengan burung-burung di pucuknya. Patung berwarna putih ini menjulang tinggi hingga ke lantai 2. Di sisi sebelah kiri terdapat meja dan kursi dikhususkan untuk tamu-tamu yang membutuhkan tempat untuk membuka laptopnya. Untuk yang dalam perjalanan bisnis namun tidak membawa laptop, Mercure Jakarta Sabang menyediakan 2 unit komputer untuk digunakan tamu hotel.

Lobby area Mercure Jakarta Sabang
Area lobby
Mercure Jakarta Sabang yang minimalis
Minimalis
Working area dan Internet corner di Mercure Jakarta Sabang
Working area dan internet corner

 

The Lobby Resto

Ini salah satu fasilitas favorit saya di Mercure Jakarta Sabang, kenapa?

Suasana di Lobby Resto sangat nyaman dan berkelas. Pencahayaan dibuat agak redup sehingga lebih nyaman berlama-lama di resto ini. Areanya pun luas dengan pembagian seater yang mampu menampung 2 hingga 7-8 orang.

Di area pojok malah ada beberapa sofa yang nyaman untuk berbincang sambil menunggu lepas macet di Ibukota. Alunan musiknya tidak memekakan telinga dan masih nyaman untuk tamu tetap berbincang tanpa harus berteriak mengalahkan dentum musik.

The Lobby Resto Mercure Jakarta Sabang
The Lobby Resto Mercure Jakarta Sabang
Lobby Resto Mercure Sabang
Nyaman untuk berbincang
Area resto Mercure Jakarta Sabang yang luas
Area resto yang luas

Pagi hari, Lobby Resto melayani makan pagi untuk tamu-tamu hotel. Menunya beragam dari kuliner lokal hingga mancanegara. Yang saya suka, penataan di Mercure Jakarta Sabang bukan hanya terfokus pada makanannya tetapi area peletakan makanan pun ditata dengan cantik plus frame-frame yang menggantung menyemarakkan dinding.

Yang menarik, di Mercure Sabang disediakan 2 jenis jamu sebagai minuman pelengkap dan rupanya cukup diminati para tamu yang notabene banyak juga tamu-tamu dari luar negeri. Dua botol jamu ini kerap kali diisi ulang oleh staff dari Lobby Resto.

Selain itu, sepertinya menu penutup manisan mangga muda, kedondong dan salak juga menjadi primadona.

Menu sarapan di Mercure Jakarta Sabang
Menu sarapan di Mercure Jakarta Sabang yang beragam
Menu mancanegara di Mercure Jakarta
Menu mancanegara
Menu sarapan lokal di Mercure Jakarta
Menu lokal
Manisan buah di sarapan Mercure Jakarta
Manisan buah

Siang dan malam harinya, Lobby Resto melayani pemesanan makan siang dan malam untuk tamu hotel ataupun pengunjung luar. Favorit saya adalah Short Ribs Barbeque, iga sapi yang dibakar dengan madu dan saus barbeque pedas lengkap dengan pendamping jamur, sayuran dan potato wedges. Dagingnya dimasak dengan slow cooked jadi lembut banget saat dipotong dan dikunyah.

Untuk yang beramai-ramai, saya rekomendasikan Pizza Carbonara. Creamnya sangat berasa dibalur topping beef bacon, jamur dengan keju mozarella yang meleleh sempurna. Untuk minum, ada juice on jar yang bisa dishare untuk 4 orang.

Juice on jar
Juice on jar

Di depan Lobby Resto ada 1 sudut yang menjual pastry dan cake. Saya sempat mencicipi apple pienya, rasanya pas sesuai bayangan saya. Kulit pienya tidak keras, lebur di mulut. Filling pienya tidak terlalu asam dan masih terasa hangat. Dan menariknya lagi, semua pastry akan didiskon 50 % dan cake akan didiskon 30 % setelah pukul 5 sore.

Apple pie
Apple pie
Djajanan kue
Djajanan kue

 

Pool, Fitness Centre & Spa

Kolam renangnya terletak persis di samping Lobby Resto. Kolamnya terbagi menjadi 2 untuk kolam dewasa dan anak-anak dengan pagar pembatas yang relatif aman. Saat tepat tengah hari memang agak sedikit menyengat, tapi Mercure Sabang menyiasati dengan taman yang cukup rindang di salah satu tepi kolam.

Namun saat matahari mulai bergeser sedikit saja, suasana di kolam menjadi teduh karena posisi kolam yang diapit bangunan hotel.

Selasar di tepi kolam Mercure Jakarta

Fitness center & spa terletak berseberangan di lantai 2. Area kebugarannya cukup lengkap dengan 4 alat untuk kardio, 1 alat angkat beban dan dumbell set. Area kebugaran ini hanya bisa diakses oleh tamu hotel dengan kunci kamar.

Untuk pria dan wanita yang menggemari perawatan tubuh, ada fasilitas spa yang disediakan oleh Mercure Sabang untuk dinikmati di lokasi spa langsung atau in room spa sehingga suasana lebih tenang dan private

Fitness Center Mercure Jakarta Sabang
Fitness Center
Ruang spa Mercure Jakarta Sabang
Ruang spa

 

Room

The best thing dari Mercure Jakarta Sabang adalah, satu-satunya hotel Mercure yang mempunyai thematic room. Dan beruntungnya saya bisa menempati salah satu dari thematic room yang hanya ada 3 unit dengan masing-masing tema berbeda. Ada Game Center, Old City dan Classic Transportation. Saya bermalam di kamar Classic Transportation.

Secara tipe, kamar ini adalah tipe suite deluxe, namun karena masuk dalam kategori thematic room, di beberapa sudut kamar dihiasi dengan tema classic transportation. Memasuki kamar, di sebelah kiri pintu ada barisan plat nomor. Di beberapa dinding terdapat lukisan yang dilukis langsung dengan tema classic transportation. Ada pula lukisan mesin SPBU dan pemandangan dari arah dashboard mobil. Intinya menginap di kamar ini jauh dari kesan kaku dan monoton.

Sayangnya, 2 kamar lainnya sedang dalam keadaan terisi sehingga saya tak bisa mengintip sedikit seperti apa interior dalam kamar. Menurut salah satu staff Mercure Jakarta Sabang, kamar dengan tema Game Center memiliki mesin dingdong yang bisa dimainkan…ahhh seruunyaaa!!!

Mercure Jakarta Classic Trasnportation
Kamar Mercure Jakarta Sabang dengan tema Classic Transportation
Ukuran kamar Mercure Jakarta yang luas
Ukuran kamar Mercure Jakarta yang luas

Selain kamar thematic, Mercure Jakarta Sabang memiliki 5 tipe kamar lainnya, yaitu superior, deluxe, superior suite, deluxe suite dan executive suite.

Suite Deluxe Mercure Jakarta Sabang
Suite Deluxe Mercure Jakarta Sabang
Twin Bed Mercure Jakarta Sabang
Twin Bed Mercure Jakarta Sabang

Overall, Mercure Jakarta Sabang sangat memuaskan dari segi kamar, servis dan fasilitas. Makan pagi, siang dan malamnya semua nikmat. Secara lokasi pun bisa dibilang unggul karena tepat di jantung Ibukota. Dekat dengan pusat kuliner, belanja dan tempat-tempat wisata semacam Monumen Nasional dan Museum Nasional.

Baca juga pengalaman saya di Hotel Mercure lainnya:

***

Mercure Jakarta Sabang
Jl. H. Agus Salim No.11, RT.11/RW.2,
Gambir, Kota Jakarta Pusat 10110
Phone: (021) 3503066

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
4 Responses
  1. Waaaaah, kalo aku stay disini, berapa banyak foto yanh diambil, keceeee bangeeeeet, banyak spot yang sayang kalo lewat buat di foto, btw tanggung jawab loh ya, ku jadi laper melihat postingan ini

Leave a Reply