Mercure Hotel Karawang, hotel bisnis dengan fasilitas melimpah

Hanya sawah, sawah dan secuil cerobong pabrik menghitam yang menyembul di kejauhan. Panas dan gersang, citra Karawang itu melekat erat sejak kunjungan pertama saya bertahun-tahun silam di kota Lumbung Padi. Tak terpikir bagi saya untuk menjamah kembali. Hingga akhirnya seorang kawan meyakinkan bahwa Karawang kini tak sekadar sawah dan pabrik. Karawang sudah berkembang menjadi kota mandiri, pusat perbelanjaan, kuliner dan tempat hiburan sudah menjamur. Bahkan hotel-hotel ternama pun sudah tersedia di kota yang konon namanya berarti “banyak rawa”. Salah satu yang menarik perhatian adalah Mercure Hotel Karawang. Letaknya benar-benar di pusat kota berseberangan dengan mall dan waterpark. Bangunan yang mencuat tinggi di tenggah komplek Galuh Mas menjadikannya mudah untuk dikenali.

Lobby
Lobby terkesan lapang dan luas karena langit-langit yang tinggi. Selain itu penempatan banyak sofa merupakan nilai plus bagi saya. Tak seperti biasanya tamu harus berdiri saat menunggu proses check-in, di Mercure Karawang ada banyak sofa nyaman untuk menunggu proses check-in. Meskipun Karawang identik dengan panas, Mercure Karawang mensiasati dengan memberikan lahan hijau yang cukup banyak. Dari dalam gedung yang terlihat memang rimbun pepohonan hijau sehingga terasa sejuk dan nyaman. Menjelang malam, lampu-lampu akan berpendar hangat di dalam lobby.

Sofa untuk kenyamanan tamu
Sofa untuk kenyamanan tamu

 

Room
Memilik 242 kamar dengan 3 tipe, Superior, Deluxe dan Suite. Tiap kamar pastinya dilengkapi dengan fasilitas wi-fi. Berhubung banyaknya business trip dari tamu-tamu Jepang, wi-fi disini dijamin ngebut banget. working space pun disediakan di tiap kamar. Meskipun ada 1 kursi dan meja kerja serta 1 sofa one seater untuk bersantai, kamar Superior saya tidak terasa sempit. Di tipe Deluxe dan Suite malah menggunakan sofa two seater. Tipe Suite juga memiliki ruang tamu dan ruang kerja terpisah dari area kamar tidur. Kamar mandi pun dipisah untuk tamu hotel dan tamu yang berkunjung. Suite sebagai satu-satunya tipe yang dilengkapi dengan bathtub menghadap langsung ke ruang tidur berbatas pintu kaca.

Suite room dengan living room
Suite room dengan living room

Gym & Pool
Di lantai 1 sepertinya dikhususkan untuk entertainment center oleh Mercure Karawang Hotel. Tak terganggu pengunjung lain sehingga penghuni hotel bisa merasa nyaman menghabiskan waktu di sini. Kolam renang di sini cukup unik berbentuk 2 tingkat. Di bagian bawah hanya sebatas lutut orang dewasa diperuntukan bagi anak-anak. Sementara di atasnya berbentuk seperti mangkuk, memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter untuk pengunjung dewasa. Unsur keselamatan juga diperhatikan betul oleh pihak hotel dengan menggunakan lantai kayu yang meminimalisir pengunjung terpeleset, apalagi anak-anak yang sering berlarian di pinggir kolam.

Menikmati sore
Menikmati sore

Fasilitas gym berseberangan dengan kolam renang. Alatnya cukup lengkap untuk cardio atau angkat beban. Saran saya, coba menggunakan fasilitas ini di atas pukul 7 malam. Lampu biru dan kuningnya membuat tempat gym ini terlihat futuristik seperti kapal ruang angkasa :p

Alatnya cukup lengkap
Alatnya cukup lengkap
Alat kardio
Alat kardio

Spa & Ofuro
M Spa by Alaya Spa, selain refleksi juga menyediakan fasilitas massage yang juga bisa dipanggil ke tiap kamar. Buat saya, kamar di tempat massage ini lebih dari cukup untuk merelaksasikan diri. Dari pintu masuk saja sudah tercium harum aromaterapi yang menenangkan. Kamarnya sendiri terdapat 3 pilihan, untuk seorang diri, dengan pasangan atau kamar yang memiliki mini jacuzzi.

M Spa
M Spa

Jika mini jacuzzi dirasa kurang, ada satu fasilitas yang menjadi favorit saya di Mercure Karawang. Ofuro, pemandian ala Jepang dengan kolam air hangat dan dingin. Memasuki Ofuro rasanya seperti terbang langsung ke Jepang. Interiornya benar-benar Jepang banget dengan mural wanita jepang berkimono. Fasilitas ini memang umumnya digunakan oleh pria, namun wanita juga bisa menggunakan fasilitas ini dengan booking terlebih dahulu sehingga Ofuro akan ditutup sementara dari pengunjung pria. Ofuro bisa dinikmati sejak pukul 19.00 hingga 23.00

Kemuning 
Terletak di lantai ground bersebelahan dengan lobby. Selain sebagai lokasi sarapan pagi untuk tamu hotel, Kemuning juga berfungsi sebagai restoran yang menyajikan ala-carte lunch dan dinner dengan pilihan menu asian dan western cuisine. Menu untuk breakfast menurut saya sangat lengkap. Mengingat banyaknya tamu Jepang yang menghuni hotel, Mercure Karawang juga menyediakan Japanese menu berupa sushi dan miso soup. Semur daging dan ayam bakar kecap, menu Indonesia yang wajib dicoba. Bumbunya benar-benar meresap dan dagingnya sangat empuk. Untuk menu western, jangan lewatkan bread pudding serta salad dengan berbagai macam dressing uniknya. Selebihnya, juice dan kudapan pencuci mulut dengan tampilan menarik yang dijamin menggoda untuk dicicipi.

Kemuning resto
Kemuning resto

Kunoichi
Saya sangat setuju dengan Trip Advisor yang menetapkan restoran ini sebagai salah satu restoran terbaik di Karawang. Berbeda dengan Kemuning yang lebih general, hampir semua menu Kunoichi berkiblat ke negeri matahari terbit. Tak heran menjelang lunch apalagi dinner, resto ini dipenuhi oleh tamu hotel yang berasal dari Jepang. Kunoichi terdiri dari 2 lantai, di lantai atas terdapat 3 private room dengan fasilitas karaoke. Yang menjadi favorit saya di sini adalah Salmon Mozarellanya. Butter rice dan irisan tebal daging salmon ditutupi dengan lelehan keju mozarella. Salmon Sashimi pun tak boleh dilewatkan. 4-5 lembar irisan tebal daging salmon dingin sangat pas disantap ditengah panas kota Karawang.

Menu Jepang
Menu Jepang

M-Lounge & Entertainment Corner
Disamping gym center terdapat 1 meja billiard sebagai entertainment corner di lantai 1. Lengkap dengan sofa dan papan dart untuk menambah seru suasana. Sambil bersantai, tamu hotel bisa memesan minuman non dan beralkohol dari mini bar. Serunya lagi, saat malam minggu, mini bar ini berubah menjadi M-Lounge, semacam club mini untuk tamu hotel. Sangat nyaman untuk saya yang tidak terlalu suka dengan ramai hiruk pikuk manusia, M-Lounge yang buka dari pukul 22.00 hingga 3 dini hari tidak terlalu dipadati pengunjung. Saya bisa menikmati suasana club tanpa terdesak-desak pengunjung. Jika perlu sedikit udara saya tinggal melangkah keluar menuju pool side, karena di pinggir kolam ini pun disediakan meja dan kursi untuk menikmati M-Lounge hingga dini hari.

Kid’s Room
Saat para orang tua menikmati sore hari di tepi kolam, berolahraga atau melepas lelah di spa, anak-anak memiliki fasilitas kid’s room yang masih dalam jangkauan pengawasan orang tua. Meja, kursi dan segala furniture di dalamnya dibuat tak bersudut. Lantainya pun dilapisi busa sehingga aman bagi anak-anak.

Kids Room Mercure Hotel Karawang
Kids Room Mercure Hotel Karawang

Grand Ballroom & Meeting room 
Mercure Karawang memiliki 1 ballroom yang dapat menampung hingga 1500 orang. Sewaktu saya menginap memang sedang diadakan resepsi pernikahan di Ballroomnya. Yang saya salut, ballroom di sini memiliki akses keluar masuk sendiri yang dipisahkan dari lobby untuk tamu hotel. Meskipun ada 1500 pengunjung pesta pernikahan dipastikan tidak akan membuat lobby menjadi ramai dan berisik.

Tampak muka
Tampak muka
Ballroom Mercure Hotel Karawang
Ballroom Mercure Hotel Karawang

Di lantai mezanine difungsikan untuk business area. Terdapat 7 ruang meeting yang dapat menampung 50 hingga 150 orang.

Pemisahan lantai berdasar fungsinya merupakan nilai lebih untuk Mercure Karawang. Tamu yang tinggal di hotel, pengunjung, pebisnis atau keluarga tidak akan terganggu satu sama lain dengan pengelompokan lantai berdasarkan fungsi ruangan.

Tampak muka
Tampak muka

Mercure Hotel Karawang bagi saya sangat menyenangkan. Hotel yang penuh dengan fasilitas menarik ini bisa membuat saya lupa akan keberadaan mall dan waterpark. Padahal awalnya saya berpikir untuk mengeksplor Karawang dan kembali ke hotel menjelang malam. Nyatanya saya malah sibuk dan terlena dengan fasilitas hotel yang ditawarkan. Hanya di hari kedua, karena mendapatkan tawaran untuk menggunakan free shuttle Mercure Karawang menuju Curug Cigentis akhirnya saya beranjak keluar hotel. Itupun pukul 4 sore saya sudah kembali. Afternoon tea di tepi kolam sambil menunggu Ofuro beroperasi, saya benar-benar ketagihan dengan fasilitas Ofuro.

Catatan C4ME: 
1. Karawang tidak memiliki taksi konvensional. Taksi online pun tak begitu banyak armadanya. Namun hotel menyediakan free shuttle untuk berkeliling kota Karawang dengan booking terlebih dahulu
2. Lokasi wisata di Karawang ternyata ada cukup banyak dan beragam. Mulai dari curug, pantai, bangunan bersejarah hingga candi.

Lokasi Mercure Hotel Karawang
Lokasi Mercure Hotel Karawang

Mercure Karawang Hotel
Jalan Galuh Mas Raya, Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
(0267) 8638888
www.mercure.com/9019
Instagram : @mercurekarawang

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
6 Responses

Leave a Reply