Vihara Vipassana Graha Lembang

Vihara Vipassana Graha ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Thailand. Lokasinya berada di seputaran Lembang, Bandung, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi. Sangat mudah mencarinya karena lokasinya dekat dengan The Peak, Sapu Lidi dan Kampung Daun.

Jadi, kamu bisa foto-foto disini trus bilang sedang liburan ke Thailand hahaha..

Sayangnya, waktu gue mampir kesana, lagi banyak banget umat Buddha yang sedang sembahyang. jadi agak kurang bebas untuk jepret sana jepret sini. Jadi, hasil hunting di vihara ini pun jadi gak terlalu banyak. Padahal ada satu ruangan disana yang terdapat sleeping buddha persis seperti di Thailand sana. Selain itu ada juga ruangan yang isinya 10.000 patung Buddha.

Seperti yang saya bilang, tak banyak foto yang bisa diambil di sini karena banyaknya orang-orang yang sedang beribadah. Setidaknya gambar puncak Vihara Vipassana Graha ini bisa menunjukkan arsitektur kuil di Thailand pada umumnya. Silahkan!

Baca juga: Wihara Satya Dharma, bersina di tepi tol Bali Mandara

Puncak menjulang vihara dan stupa saya ambil dari lantai dua. Kalau cuaca tak mendung gelap, pemandangan disini pasti bagus. Balik lagi dengan alasan yang sama karena vihara sedang ramai, saya tidak leluasa untuk mengeksplor lebih jauh Vihara Vipassana Graha ini. Seperti beberapa patung Buddha yang tidak jelas terlihat nama-nama maupun sejarahnya.

Baca juga: Wihara VS Klenteng, Sama atau Beda?

Sewaktu pulang dari vihara ini (karena waktu itu naik angkot), saya mendapatkan foto yang cukup menarik. Hasilnya antara iba, sedih, dan kagum campur aduk.

Potret kehidupan di Vihara Vipassana Graha

Tentang potret kehidupan yang membuat kita bersyukur. Teman saya sempat mencuri dengan kalau Ibu dan Anak ini baru saja pulang dari berlebaran ke tempat saudara atau tempat lain. Miris saat melihat orang berlebarang dengan baju baru dan kemewahan, Ibu dan Anak ini begitu sederhana. Melihat anaknya yang kelelahan kemudian tertidur dipangkuannya, si Ibu pun dengan sabar mengelus anaknya.

Mudah-mudahan potret sederhana ini minimal bisa membuat saya semakin bersyukur dan menghargai atas apa yang sudah kita miliki sekarang. Saya berharap suatu saat bisa kembali lagi mengunjungi Vihara Vipassana Graha ini.

About the author

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.

Leave a Reply